Find Us On Social Media :

1.500 Gajah di Sabah Terancam Pemburu Liar, Gajah-gajah Sekarang Terlahir Tanpa Gading, Bukti Evolusi untuk Bertahan Hidup Sedang Bekerja?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 6 September 2019 | 15:00 WIB

1.500 Gajah di Sabah Terancam Pemburu Liar, Gajah-gajah Sekarang Terlahir Tanpa Gading, Bukti Evolusi untuk Bertahan Hidup Sedang Bekerja?

Intisari-Online.com - Sebuah fenomena global nampaknya mulai terjadi pada spesies gajah.

Perlu diketahui bahwa di Sabah, Malaysia, gajah-gajah sekarang berevolusi dengan tidak memiliki gadingnya agar bisa bertahan hidup.

Apa yang dulunya jarang terjadi sekarang menjadi semakin umum karena gajah baik dari wilayah Afrika maupun Asia tidak dihadapkan pada pilihan lain selain berevolusi.

Hal itu secara alami terjadi dengan cara menghilangnya gading mereka sendiri untuk bertahan hidup dari tekanan perburuan besar yang mengancam spesies gajah setiap hari.

Baca Juga: Kisah Keluarga Colt, Keluarga 'Inses' di Mana Anak-anak Berhubungan Intim Dengan Anggota Keluarga Lainnya, Kondisinya Mengenaskan Saat Ditemukan

Asisten direktur departemen Margasatwa Satwa Liar, Dr. Sen Nathan mengatakan kepada New Straits Times, bahwa dulu tidak biasa untuk melihat gajah tanpa taring atau gading.

Namun sekarang yang langka adalah untuk melihat lengkap dengan gadingnya.

"Melihat gajah dengan gading berukuran hampir dua meter adalah hal yang biasa sebelumnya, tetapi sekarang ini tidak."

Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi gajah Malaysia. Menurut Dr Nathan, “Fenomena ini tidak hanya terjadi di sini tetapi juga di antara kawanan di negara-negara gajah Afrika dan Asia."

Baca Juga: BPJS Bisa Turun Kelas Perawatan? Simak Langkah-langkah yang Harus Anda Tempuh!