Find Us On Social Media :

Setelah Diketahui Idap Hepatitis dan TBC, Amitabh Bachchan Kini Hidup dengan 25% Fungsi Hatinya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 21 Agustus 2019 | 08:30 WIB

Amitabh Bachchan kini hidup dengan fungsi hati hanya 25 persen.

Intisari-Online.com – Para penggemar film bollywood, pasti mengenal aktor yang hampir selalu ada di setiap film bollywood.

Amitabh Bachchan, yang merupakan ‘penyintas tuberkulosis’ dan ‘yang selamat dari Hepatitis B’ mengatakan bahwa hatinya kini hanya berfungsi 25 persennya saja.

Amitabh Bachchan, yang dideteksi dengan tuberkulosis pada tahun 2000, tidak tahu bahwa ia menderita penyakit itu selama delapan tahun.

Pada sebuah acara di Mumbai, "penderita TBC" ini mendesak agar orang lain melakukan pemeriksaan rutin agar mereka dapat didiagnosis tepat waktu.

Baca Juga: 8 Tahun Tak Sadar Telah Mengidap TBC dan Hepatitis B, Hati Amitabh Bachchan Kini Hanya Berfungsi 25%

"Saya terus memberikan contoh pribadi saya sepanjang waktu dan mencoba dan menyebarkan ide agar diri Anda segera terdeteksi."

"Saya tidak keberatan mengatakan ini di depan umum. Saya seorang penderita TBC, penyintas Hepatitis B."

"Infus darah buruk masuk dan 75 persen hati saya hilang tetapi karena saya bisa mendeteksinya, bahkan setelah periode 20 tahun ketika 75 persen hati saya hilang, saya masih bertahan hidup dengan 25 persen," kata aktor itu seperti dilansir dari India Today.

Bachchan mengatakan bahwa hanya dengan diagnosis yang memungkinkan untuk menemukan obatnya.

"Ada obatnya. Bahkan untuk penderita TBC. Saya tidak tahu selama hampir 8 tahun saya menderita TBC.

Saya terus mengatakan bahwa jika itu bisa terjadi pada saya, berarti itu bisa terjadi kepada siapa pun.

Karena itu, jika Anda tidak mau melakukan tes kesehatan,  maka Anda tidak akan pernah tahu dan tidak akan ada obat untuk itu," katanya.

 

Pengobatan TBC sebabkan kerusakan hati?

Menurut Sciencedaily, pengobatan anti-tuberkulosis diketahui dapat menyebabkan kerusakan hati pada 4 hingga 11 persen pasien, yang diberi mandat untuk menghentikan pengobatan sampai enzim hati menjadi normal.

Dalam 0,1 persen kasus ini bisa berakibat fatal.

Dalam sebuah uji coba yang dilakukan oleh kelompok penelitian botani di India pada kasus Tuberkulosis membuktikan kemanjuran dua herbal Ayurvedic yang diambil sebagai adjuvant, untuk mencegah kerusakan hati serius bahkan pada pasien berisiko tinggi.

Baca Juga: Penyakit TBC Bisa Pula Menyerang Ginjal, Jadi Jangan Abaikan Pengobatannya