Find Us On Social Media :

Ini Cara 12 Menit Tingkatkan Suasana Hati, Kurangi Cemas dan Stres!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 31 Mei 2019 | 14:00 WIB

Dengan teknik

Intisari-Online.com – Untuk meningkatkan mood Anda di hari yang penuh tekanan, cobalah berharap kebahagiaan bagi orang asing di sekitar Anda. Anda bahkan tidak perlu mengatakannya dengan keras.

Ketika orang diminta untuk menghabiskan hanya 12 menit dengan diam-diam berharap orang lain berjalan dengan baik, mereka melaporkan kecemasan yang lebih rendah, kebahagiaan yang lebih besar, lebih banyak empati dan perasaan yang lebih tinggi tentang kepedulian dan keterhubungan, demikian temuan dalam sebuah makalah terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies.

Teknik ini membantu mengubah emosi orang dengan membantu mereka merasa "di antara" orang lain, daripada terpisah dari mereka, kata pemimpin penulis Douglas Gentile, seorang profesor psikologi di Iowa State University.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Mantan Mengirim 'Bom Atom' Berupa Pesan yang Hancurkan Suasana Hati

 “Ini mendapatkan sesuatu yang sangat manusiawi, yaitu: Kita ingin hidup dalam masyarakat, kita ingin hidup dalam hubungan dengan orang lain,  dan kita  ingin hidup dalam kebaikan. Namun kita sering lupa itu dan kita menjadi sangat fokus pada diri sendiri, ”kata Gentile kepada Today.

“Ini membantu kita untuk mengalihkan fokus kita untuk mengakui bahwa kita semua ingin bahagia, kita semua menginginkan banyak hal yang sama. Anda hanya mengatakan ini secara diam-diam di kepala Anda, orang lain tidak tahu apa yang Anda inginkan dari mereka. Pola pikir kita mengubah siapa kita dan yang mengubah situasi."

Gentile ingin tahu lebih banyak tentang teknik ini, yang dikenal sebagai "cinta-kasih",  setelah bertemu Chade-Meng Tan, seorang mantan insinyur Google yang menciptakan kursus mindfulness untuk raksasa mesin pencari dan telah dijuluki "master Zen" Silicon Valley.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Pisang, dari Sehatkan Jantung Hingga Jaga Suasana Hati