Find Us On Social Media :

6 Cara Menghadapi Perubahan Dalam Tubuh Akibat Gejala Menopause

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 17 Maret 2019 | 15:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Efek menopause dapat memiliki dampak besar pada kesejahteraan wanita. Karena menopause menunjukkan akhir tahun kesuburan seorang wanita, mereka mulai merasakan ketidaknyamanan fisik.

Menopause umumnya terjadi karena usia. Di AS, 51 adalah usia rata-rata bagi wanita mengalami menopause alami, menurut National Institute on Aging.

Dalam beberapa kasus, menopause bahkan dimulai lebih awal, atau lebih lambat. Bahkan ada yang dimulai sebelum seorang wanita berusia 40 atau hingga 60.

Baca Juga : Menopause pada Pria: Ini Gejala, Mendeteksi, dan Cara Mengatasinya

Tetapi para ahli mengingatkan bahwa para wanita yang merokok secara teratur memiliki peluang lebih tinggi mengalami menopause beberapa tahun lebih awal daripada yang bukan perokok.

Ketidaknyamanan fisik datang saat mengalami gejala menopause.

Wanita mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur, hot flashes, keringat di malam hari, kesulitan tidur, kekeringan vagina, penambahan berat badan, penipisan rambut, dan hilangnya kepenuhan payudaran.

Baca Juga : Yakin Telah Menopause, Wanita 50 Tahun Lahirkan Bayi Laki-laki padahal Tak Alami Tanda Kehamilan: Ini Risiko Kehamilan di atas Usia 40 Tahun