Find Us On Social Media :

Cara Manjur Musnahkan Nyamuk DBD, Bikin Mereka Mandul! Begini Caranya

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 1 Februari 2019 | 10:30 WIB

Intisari-Online.com – Bukan dengan semboyan “3M” (menutup, menguras, dan mengubur), virus Dengue yang menjadi biang kerok penyakit demam dengue itu berhasil dimusnahkan.

Caranya cukup dengan mengirimkan pasukan nyamuk jantan ke daerah endemiknya. Tapi jangan khawatir, nyamuk-nyamuk itu tidak nakal dan sudah mandul.

Simak tulisan T. Tjahjo Widyasmoro, Pasukan Mandul Pemusnah Dengue, yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Juni 2017.

Enno Lerian, penyanyi cilik bermata  genit itu di salah satu lagunya pernah menyebut nyamuk-nyamuk sebagai makhluk  “nakal”. Sebutannya begitu lantaran nyamuk sukanya menggigit dan mengisap darah.

Baca Juga : Gejala Demam Berdarah Makin Sulit DIkenali, Berikut Cara Mendeteksi dan Mencegahnya

Sayangnya, Enno yang kini telah dewasa dan beranak dua itu tidak menjelaskan bahwa yang menggigit kita sebenarnya cuma nyamuk betina. Dan faktanya, banyak orang yang belum paham soal ini.

Nyamuk betina butuh darah untuk mematangkan telurnya. Cukup kawin sekali saja dengan pejantan pilihannya, si betina bisa beberapa kali  bertelur.

Untuk kebutuhan sperma setiap kali pembuahan, dia bisa menyimpan dalam kantung khusus. Tapi kalau untuk darah, dia selalu butuh yang baru setiap hendak bertelur.

Lalu apa pekerjaan si nyamuk jantan? Jika memang tidak “beruntung” dikawini betina (dalam tanda petik, soalnya habis kawin langsung dia meregang nyawa) aktivitas mereka hanya bergerombol saja. Kongkow-kongkow dan makan sari bunga, sampai waktu ajalnya tiba.

Baca Juga : Waspada Demam Berdarah Perlu, Tapi Jangan Sampai Percaya 5 Mitos Soal Demam Berdarah Ini, Ya!

Tidak akan menetas

Celakanya, kenakalan nyamuk betina ternyata sering mendatangkan petaka. Saat mengisap  darah, Si Bunda nyamuk ini mengeluarkan semacam cairan antikoagulan yang fungsinya mencegah pembekuan darah.

Nah, masalahnya, cairan itu sering ditumpangi virus dan parasit yang menjadi sumber penyakit pada manusia.