Intisari-Online.com - Setiap pengajar harus tahu alur dan tujuan pembelajaran.
Lalu bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?
Pengertian tujuan pembelajaran
Mengutip situs Pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id, tujuan pembelajaran (TP) adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) murid yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).
Secara operasional, komponen TP dapat memuat tiga aspek berikut ini:
- Kompetensi, yaitu kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh murid atau ditunjukkan dalam bentuk produk yang menunjukkan murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
- Konten, yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
- Variasi, yang menjelaskan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi yang perlu dikuasai murid untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Misal: mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan sebagainya.
Baca Juga: Beginilah Cara Menyusun Tema Yang Tepat Dalam Pembelajaran Etnografi
Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran
Penulis | : | Moh. Habib Asyhad |
Editor | : | Moh. Habib Asyhad |
KOMENTAR