Intisari-Online.com – Patrick Dawson Fleming lahir sebagai ‘anak nakal’ Angkatan Darat pada 17 Januari 1918.
Dia tertarik terbang pada usia dini dan menjadi penerbang ulung Angkatan Laut Amerika peringkat keempat setelah usai perang Dunia Kedua.
Dia terus terbang, menjadi pilot uji coba untuk militer, dan posisinya inilah yang akhirnya merenggut nyawanya pada tahun 1956
Patrick Fleming jatuh cinta dengan terbang sejak dini, dia bekerja malam di sebuah pom bensin untuk membayar sekolahnya.
Pada tahun 1935, dia mendaftar di Angkatan Laut AS, bertugas di kapal USS Hull (DD-350), menjadi pelaut kelas dua yang bertanggung jawab memposisikan kembali kait penahan pesawat setelah mendarat di kapal induk.
Fleming bersekolah di Sekolah Persiapan Akademi Angkatan Laut, yang dengan cepat dia dilacak bersama pemuda lainnya karena prospek perangnya semakin menonjol.
Pada awal 1941, dia sudah lulus.
Fleming kemudian didedikasikan untuk penerbangan, tetapi tugas laut wajib bagi lulusan baru, itu berarti dia menghabiskan dua tahun berikutnya bekerja sebagai petugas torpedo dan ketapel di kapal penjelajah ringan USS Cincinnati (CL-6).
Ingin memenuhi mimpinya untuk terbang, Patrick Fleming mengikuti pelatihan penerbangan, mendapatkan wingsnya pada tahun 1943.
Pada bulan Maret 1944, dia bergabung dengan Skuadron Tempur 80 (VF-80), yang lebih dikenal sebagai ‘Vorse’s Vipers’, di atas USS Ticonderoga(CV-14), tempat dia mulai membuktikan kemampuannya sebagai pilot.
Pada tanggal 5 November 1944, Fleming menembak jatuh Mitsubishi AGM Zero pertamanya saat terbang di atas Filipina dengan Grumman F6F Hellcat.
Dia pergi untuk mencetak lebih banyak kemenangan.
Pada 14 Desember tahun itu, VF-80 menembak jatuh 19 Zero dan Nakajima Ki-43 Hayabusa “Oscar,” dengan Fleming dikreditkan dengan empat kemenangan udara.
Pada tanggal 3 Januari 1945, dia menembak jatuh tiga pesawat lagi sambil mengawaki senjata antipesawat Ticonderoga.
Bomber Fighter Squadron 80 (VBF-80) memisahkan diri dari VF-80, dengan Fleming ditunjuk sebagai pejabat eksekutif.
Selama rentang waktu dua hari, saat memimpin serangan, pilot menembak jatuh sembilan pesawat musuh.
Pada 17 Februari 1945, dia menerbangkan enam serangan mendadak, tetapi telah menjatuhkan 19 pesawat, 10 dengan VF-80 dan sembilan saat terbang dengan VBF-80.
Setelah membuktikan nilainya selama Perang Dunia Kedua, Patrick Fleming menjadi pilot uji untuk US Army Air Forces (USAAF) Reserve.
Dia dipindahkan ke tugas aktif sebagai letnan kolonel dan ditugaskan ke Sekolah Pilot Uji Lapangan Wright, Kelas 47.
Waktunya di sana sangat berharga, saat dia menguji jet tempur pertama negara itu, termasuk Lockheed P-80 Shooting Star dan Republic F -84 Thunderjet.
Ketika USAAF menjadi Angkatan Udara AS, Fleming mengambil sejumlah peran lain.
Dia tidak hanya memainkan peran penting dalam menempatkan Boeing B-47 Stratojet ke dalam layanan, dia melakukan penerbangan di Uni Soviet (Proyek 52 AFR-18) dan menjadi ahli senjata nuklir.
Lalu, Fleming ditawari untuk menerbangkan Boeing B-52 Stratofortress, tetapi pada saat itu telah menyelesaikan 130 jam terbang selama 90 hari sebelumnya, tetapi dia menerima pekerjaan itu.
Dia naik pesawat pada penerbangan rutin, melansir War History Online.
Sayangnya, itu akan menjadi penerbangan yang terakhir baginya.
Patrick Fleming meninggal dalam kecelakaan pertama B-52 Stratofortress
B-52 lepas landas dengan awak delapan orang pada pukul 10:34 pagi tanggal 16 Februari 1956.
Sekitar tujuh jam penerbangan, di ketinggian sekitar 38.000 kaki, alternator kanan depan mulai rusak.
Tak lama kemudian, tiga alternator lainnya juga mulai mengalami masalah.
Hal ini mendorong Mayor Edward L. Stefanski, komandan pesawat, untuk menurunkan roda pendarat, karena kompartemen awak mulai berkurang tekanannya.
Laporan kebakaran yang terjadi di kompartemen bawah menyebabkan tiga anggota awak melontarkan diri.
Di sekitar 8.000 kaki, ledakan dahsyat terjadi, menghancurkan pembom.
Dari delapan awak kapal, empat berhasil terjun payung ke tempat yang aman, sementara tiga meninggal karena luka-luka akibat ledakan.
Fleming berhasil melontarkan diri dari B-52 di ketinggian 22.000 kaki, tetapi terbakar parah.
Namun, panas dari ledakan telah melelehkan garis kafan di parasutnya, menyebabkan mereka terlepas dari kanopi.
Ketika dia menarik ripcordnya, itu tidak pernah terbuka. Pada awalnya, dia dilaporkan hilang, tetapi tubuhnya kemudian ditemukan delapan mil dari tempat pembom itu jatuh.
Fleming baru berusia 38 tahun ketika dia meninggal.
Meskipun usianya masih muda, ia berhasil mendapatkan sejumlah dekorasi, termasuk Salib Angkatan Laut, Bintang Perunggu, tiga Bintang Perak, empat Medali Udara, dan lima Salib Terbang Terhormat.
Baca Juga: Pilot Citilink yang Daratkan Pesawat Secara Darurat Dinyatakan Meninggal Dunia, Kenali Tanda-tanda Menjelang Kematian yang Umum Terjadi, Salah Satunya Lebih Banyak Tidur
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari