Find Us On Social Media :

Pilot Citilink yang Daratkan Pesawat Secara Darurat Dinyatakan Meninggal Dunia, Kenali Tanda-tanda Menjelang Kematian yang Umum Terjadi, Salah Satunya Lebih Banyak Tidur

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 22 Juli 2022 | 08:35 WIB

Maskapai Citilink.

Intisari-Online.com – Pilot Capt. Boy Awalia (48) dari maskapai penerbangan Citilink mengalami darurat kesehatan saat memimpin penerbangan nomor QG307 rute Surabaya-Makassar, pada Kamis (21/7/2022) pagi.

Mengutip kompas.com (22/7/2022), melalui keterangan resminya, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai, mengatakan, “Setelah dievakuasi ke rumah sakit dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia.”

Jenazah almarhum Capt. Boy Awalia kemudian diterbangkan langsung dari Surabaya menuju Jakarta dan akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku.

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG307 tujuan Surabaya-Makassar, pada Kamis (21/7/2022) pagi kembali mendarat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, yang disebabkan pilot pesawat mendadak sakit saat memimpin penerbangan.

Berdasarkan informasi dari PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda, pesawat tersebut membawa 171 penumpang dan take off pukul 06.10 WIB dan mendarat darurat pukul 06.56 WIB.

Namun, sampai saat ini belum ada keterangan dari pihak berwenang penyakit yang diderita oleh Capt. Boy hingga melakukan pendaratan darurat dan merenggut nyawanya.

Tanda-tanda menjelang kematian

Pada kematian alami, seperti karena alasan sakit atau usia lanjut, saat menjelang kematian seseorang terdapat tanda-tanda fisik dan mental yang umumnya terjadi.

Bila kematian karena kecelakaan atau bunuh diri biasanya tidak memiliki tanda-tanda fisik yang dapat ‘terbaca’.

Berikut ini beberapa tanda-tanda menjelang kematian alami yang umum terjadi.

1. Mengurangi makan dan minum

Melansir dari Healthline, kebutuhan energi semakin berkurang seiring bertambahnya usia.