Intisari - Online.com -Rencana produksi senjata asli India kini terus maju karena kekhawatiran perang Rusia-Ukraina menyebabkan Rusia tak bisa menyediakan alutsista untuk Rusia lagi.
India bergerak untuk meningkatkan industri senjata dalam negerinya, dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungannya pada impor senjata Rusia dan pada saat yang sama memperkuat hubungannya dengan negara-negara yang berpikiran sama.
Langkah itu dilakukan ketika kekhawatiran di New Delhi meningkat atas potensi penundaan Rusia dan pembatalan pengiriman senjata karena perang di Ukraina.
India adalah kekuatan militer utama dengan tentara terbesar kedua di dunia, angkatan udara terbesar keempat, dan angkatan laut terbesar ketujuh.
Namun, negara ini juga merupakan salah satu importir senjata terbesar di dunia , menyumbang 11% dari pesanan senjata global sementara mengimpor 70% dari peralatannya.
Enam puluh persen pembelian senjata India berasal dari Rusia, warisan dari ikatan era Perang Dingin mereka.
Sekarang, kerugian material besar Rusia di Ukraina meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa pesanan senjata mungkin dialihkan untuk menggantikan kerugian peralatan, yang dapat mengakibatkan penundaan pengiriman yang lama.
Pada saat yang sama, sanksi terhadap industri pertahanan Rusia telah menimbulkan kekhawatiran tentang kelangsungan hidup Rusia sebagai pemasok peralatan militer utama India di masa depan.
India juga mengimpor sejumlah besar bahan militer dari Prancis, Israel, dan AS, yang semuanya menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan ikatan politik yang terkait dengan pembeliannya.
Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan pada 7 April bahwa India bertujuan untuk menjadi pusat manufaktur pertahanan utama.
Dia juga meluncurkan Daftar Pribumi Positif Ketiga India yang menyebutkan 101 item militer yang ingin diproduksi India di dalam negeri dari 2022-2027.
Menurut Menteri Singh, daftar tersebut menunjukkan langkah cepat India dalam mencapai swasembada di sektor pertahanannya.
Daftar ambisius tersebut mencakup barang-barang berharga besar seperti tank ringan, helikopter utilitas angkatan laut, kapal serang cepat dan rudal anti-kapal, yang mencerminkan prioritas baru pemerintah India untuk pribumisasi pertahanan.
Mei lalu, India merilis Second Positive Indigenization List , yang terdiri dari 108 item militer seperti sensor, simulator, senjata, mesin tank, sistem rudal permukaan ke udara jarak menengah, dan platform seperti helikopter, korvet, dan peringatan dini dan kontrol udara (sistem AEW&C).
Menurut daftar tersebut, India bertujuan untuk memproduksi sistem yang terdaftar di dalam negeri dari tahun 2021 hingga 2025.
India merilis Daftar Pribumi Positif Pertama pada Agustus 2020, yang menunjukkan barang-barang militer yang direncanakan India untuk diproduksi secara lokal dari tahun 2020 hingga 2022.
Daftar tersebut tidak hanya terdiri dari peralatan pelindung individu sederhana tetapi juga mencakup barang-barang kelas atas seperti senjata artileri, senapan serbu , korvet, sistem sonar, pesawat angkut, helikopter tempur ringan, radar dan kendaraan tempur lapis baja beroda.
Untuk kekuatan militer besar, industri pertahanan India tidak seimbang dibandingkan dengan lingkungan keamanan regional dan persyaratan kemampuan.
Hal ini, kata para kritikus, dapat dikaitkan dengan kurangnya dukungan dari kepemimpinan politik yang lebih tinggi, anggaran penelitian & pengembangan (R&D) yang sedikit, inefisiensi para pemain R&D dan manufaktur utama, manajemen sumber daya manusia yang buruk dan sistem akuisisi yang lemah.
Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) adalah lembaga negara utama yang bertanggung jawab atas upaya Litbang militer.
Namun, lembaga tersebut dibebani dengan kontradiksi internal dan masalah yang menurut para analis telah menghambat perkembangan industri senjata domestik India.
Laporan rahasia Rao Rama 2008 menyebutkan bahwa tantangan terbesar DRDO adalah menarik, memelihara, dan mempertahankan bakat.
Laporan tersebut mengatakan 57% ilmuwan DRDO pergi karena ketidakpuasan profesional, dan bahwa 87% karyawan tingkat pemula bergabung dengan DRDO percaya bahwa organisasi tersebut akan memberikan peluang karir yang lebih besar tetapi kecewa segera setelahnya.
Masalah lain yang dikutip dalam laporan tersebut termasuk perekrutan personel rata-rata dan penundaan dalam proses perekrutan.
DRDO mungkin juga telah mengambil beberapa item tiket besar, yang pada akhirnya menjadi tidak mungkin untuk dilaksanakan karena keterbatasan sumber daya manusia, keuangan dan infrastruktur.
Selain itu, proyek DRDO sering dilaksanakan tanpa keterlibatan pengguna akhir di semua tahap pengembangan, dengan pengecualian Angkatan Laut India.
Dengan demikian India berjuang untuk menarik investasi asing dalam industri pertahanannya karena faktor internal dan eksternal ini.
Proteksionisme adalah salah satu faktor ini, karena Prosedur Pengadaan Pertahanan India 2020 melarang perusahaan India untuk menawar sebagai vendor utama dalam program akuisisi di mana investasi asing langsung (FDI) melebihi 41%.
Ini berarti hanya perusahaan India dengan saham ekuitas 51% yang dapat berpartisipasi dalam program seperti vendor utama.
Dengan demikian, kontraktor pertahanan asing mungkin enggan untuk berinvestasi di perusahaan pertahanan India, atau bahkan mendirikan anak perusahaan domestik.
Selain itu, kehati-hatian India yang ekstrem mengenai masalah keamanan nasional menciptakan rintangan birokrasi, terutama dalam hal teknologi militer yang sensitif.
Pada saat yang sama, negara-negara lain mungkin memiliki batasan mereka sendiri dalam hal mengekspor teknologi militer yang sensitif.
Sementara rencana pribumisasi militer India tidak diragukan lagi ambisius, itu harus mengatasi berbagai masalah politik, manusia, ekonomi dan keamanan untuk mengalihkan negara dari pengimpor senjata bersih ke pusat produksi masa depan.