Find Us On Social Media :

Peduli Setan dengan Sanksi Barat, Negara Asia Ini Malah Jor-Joran Belanja Dari Rusia Gara-Gara Dapat Diskon Besar, Tak Disangka Konsekuensi Ini Bakal Menanti

By Afif Khoirul M, Sabtu, 2 April 2022 | 18:00 WIB

Vladimir Putin yang disambut oleh PM India, Narendra Modi, saat berkunjung ke istana negara India

Intisari-online.com - Selama konflik di Ukraina, India menyerukan gencatan senjata dan solusi damai, tetapi tidak mendukung sanksi ekonomi Barat terhadap Rusia.

Pada 31 Maret, seorang pejabat pemerintah AS mengatakan kepada Reuters bahwa India "diizinkan" untuk membeli minyak dari Rusia.

Tetapi masih dapat menghadapi risiko jika tidak mematuhi sanksi Barat terhadap Rusia.

"AS tidak keberatan India membeli minyak Rusia dengan harga diskon, jika tarif impor tidak naik terlalu banyak dibandingkan setiap tahun," kata pejabat itu kepada Reuters, yang berbicara dengan syarat anonim.

"Peningkatan tertentu masih dapat diterima," sambungnya.

"Apa pun yang dilakukan atau dibayar oleh India, harus mematuhi embargo. Jika tidak, India akan menghadapi risiko besar. Selama India tidak membeli minyak Rusia dengan harga tinggi, kami dapat menerimanya," tambah pejabat itu.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, tidak menjelaskan risiko apa yang dihadapi India, atau apakah AS akan menjatuhkan sanksi pada India.

"Selama beberapa hari dan minggu ke depan, kami akan meningkatkan tingkat pemantauan kami untuk kepatuhan terhadap embargo. Ini adalah pesan untuk semua negara di seluruh dunia," kata pejabat AS itu.

Baca Juga: 30 Hari Mati-Matian Gempur Ukraina, Siapa Sangka Rusia Justru Berpindah Fokus, Mendadak Pasukan di Kiev Mulai Melunak, Barat Prediksi Niat Asli Rusia Ini

Baca Juga: Sebulan Bertempur Habis-habisan, Mantan Mata-mata Inggris Bocorkan Hanya Kematian Vladimir Putin yang Bisa Hentikan Perang Rusia dan Ukraina, Hal Ini Jadi Alasannya

Amerika Serikat telah memberlakukan larangan impor minyak Rusia, tetapi memungkinkan sekutu dan mitra untuk memutuskan kapan akan memperkenalkan larangan tergantung pada situasi spesifik masing-masing negara.

Dengan diskon yang jauh lebih murah daripada harga pasar, India secara aktif membeli minyak Rusia.