Intisari-Online.com - Jet tempur siluman generasi kelima China J-20 banyak dikatakan menjadi pesaing jet tempur siluman Amerika Serikat (AS) F-22.
Lantas, manakah yang lebih unggul?
Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang mengejar berbagai peningkatan pada jet tempur siluman Chengdu J-20 generasi kelima sehingga dapat bersaing dengan F-22 Raptor Angkatan Udara AS.
Peningkatan ini termasuk meningkatkan jumlah rudal udara-ke-udara yang dapat dibawa jet dalam “mode siluman” untuk meningkatkan jangkauan serangan udara, presisi, dan daya tembaknya, menurut laporan Departemen Pertahanan kepada Kongres tentang Perkembangan Militer dan Keamanan yang Melibatkan Republik Rakyat China.
Laporan tersebut, yang diterbitkan tahun ini, mengatakan bahwa China memasang nozzle thrust-vectoring dan menambahkan kemampuan “supercruise” seperti F-22 dengan pemasangan mesin WS-15 asli.
Melansir The National Interest, Senin (8/11/2021), supercruise mengacu pada kemampuan F-22 Raptors untuk mencapai dan mempertahankan kecepatan Mach tanpa harus menggunakan afterburner, karena tenaga dan daya dorong mesin.
Ini berarti jet dapat mengejar misi serangan yang lebih lama dan lebih rinci tanpa harus kembali mengisi bahan bakar sesering kebanyakan jet tempur lainnya.
Sama seperti F-22 Raptor, J-20 dengan kemampuan supercruise akan mampu bertahan dalam pertempuran berkecepatan tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa harus keluar dari pertarungan dan kembali untuk mengisi bahan bakar.
Upgrade jet tempur siluman J-20 untuk menyaingi F-22 Raptors kemungkinan akan sulit karena Lockheed Martin dan Angkatan Udara telah mengupgrade perangkat lunak F-22 Raptors dalam beberapa tahun terakhir.
Peningkatan ini disebut sebagai 3.2b yang sangat meningkatkan jangkauan penerbangan, menargetkan presisi dan daya tahan beberapa senjata udara-ke-udara penting seperti AIM-9X Sidewinder Missile dan AIM 120-D Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile.
Pengembang senjata Lockheed menjelaskan, upgrade perangkat lunak dapat meningkatkan elektronik pada senjata untuk meningkatkan keandalan melaluipengaturan dan memungkinkan koreksijalur di tengah penerbangan.
Misalnya, sidewinder dapat ditembakkan "off boresight", yang berarti dapat mengubah arah penerbangan untuk menyerang target di samping atau di belakang pesawat.
Tidak harus ada jalur penerbangan yang linear, lurus ke depan agar senjata dapat melakukan perjalanan dan mengenai target musuh.
Upgrade ke jet tempur siluman J-20 kemungkinan akan sulit dilihat dari jauh.
Namun, laporan Departemen Pertahanan menyebutkan sesuatu tentang mempertahankan mode siluman, yang mungkin menjadi referensi ke ruang senjata internal jet.
Pesawat siluman ini mungkin dapat membawa senjata dan menembakkannya sambil mempertahankan eksterior siluman yang halus, tanpa tepi yang menonjol atau kontur tajam yang kemungkinan akan menghasilkan sinyal radar kembali ke pertahanan udara musuh.
Pada akhirnya, peningkatan ini mungkin tidak cukup bagi jet tempur siluman J-20 untuk benar-benar menyaingi F-22 Raptor kecuali jangkauan senjata dan sistem pemandu mereka dapat menyamai atau mengunggulinya.
Armada jet Chengdu J-20 China akan tetap rentan terhadap pesawat generasi kelima dalam jumlah besar karena jumlahnya tidak banyak.
Beberapa laporan berita memperkirakan bahwa China mengoperasikan sekitar lima puluh jet tempur, yang merupakan jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan 160-plus F-22 Raptors dan armada yang direncanakan terdiri dari 1.763 pesawat F-35A.
Pada saat yang sama, China terkenal dengan infrastruktur produksinya dan perpaduan entitas produksi komersial dan militer.
Perbedaan kompetitif ini dapat mendorongnya untuk mempercepat produksi.
Ada kemungkinan bahwa China berencana untuk meningkatkan armada jet Chengdu J-20.