Intisari-Online.com – Inilah siswa pertama China yang dikirim ke luar negeri, namun karena memotong kepang tanda kesetiaan, mereka disuruh kembali pulang sebelum selesai.
Menyadari dunia berubah di sekitar mereka, pemerintah Qing mulai mengirim mahasiswa ke luar negeri.
Pada 11 Agustus 1872, dengan sponsor dari pemerintah China, dikirimlah gelombang pertama mahasiswa ke luar negeri yang berangkat dari Shanghai.
Menyeberangi Amerika Utara dengan kereta api, mereka tiba di New England untuk memulai kehidupan belajar mereka di luar negeri.
Menurut memoar yang ditulis pada tahun 1922 oleh salah satu siswa, Lee Yan Phou, mereka menantikan pengalaman itu, tetapi juga diliputi kecemasan.
Mereka adalah yang pertama dalam sejarah China yang belajar di luar negeri, terdiri dari kelompok siswa laki-laki berusia rata-rata 12 tahun, dengan jubah dan berkepang panjang.
Mereka pernah berbicara bahasa Mandari dan menerima pendidikan tradisional China.
Meskipun tidak tahu apa-apa tentang bahasa Inggris sebelumnya, tetapi begitu tiba di Amerika Serikat, mereka bisa mengatasi hambatan bahasa dan menyesuaikan diri dengan norma-norma pendidikan barat.
Mereka melanjutkan ke universitas bergengsi, seperti Yale, Harvard dan Massacusetts Institute of Technology.
Selain rajin belajar, mereka berperan aktif dalam berbagai kegiatan olahraga dan sering terlihat di lapangan basket, lapangan sepak bola, dan lapangan bisbol.
Salah satu siswa ini, Mun Yew Chung, menjabat sebagai kru dayung Universitas Yale yang mengalahkan Harvard selama dua tahun berturut-turut, pada tahun 1880 dan 1881.
Setelah lama mengejar kebijakan menghindari kontak dengan negara lain, pemerintah Qing abad ke-19 hampir tidak tahu apa-apa tentang dunia barat.
Ketika Perang Candu pecah antara Cina dan Inggris pada tahun 1840, pemerintah bahkan tidak mengetahui lokasi geografis yang tepat dari pulau musuhnya itu.
Kaisar Daoguang dilaporkan bertanya kepada menteri tentang arah ke Inggris, ingin tahu apakah berbatasan dengan Rusia: Cina berpikir bahwa orang Inggris dan Rusia terlihat sangat mirip dan bisa jadi kemungkinan demikian.
Ketika kekuatan-kekuatan besar dunia meningkatkan kontak, China mau tidak mau terseret ke dalam urusan internasional.
Pemerintahnya sangat perlu mengembangkan kecakapan dalam bahasa asing untuk memahami situasi asing dan untuk menguasai pengetahuan ilmiah dan teknologi dari negara-negara tersebut.
Oleh karena itu, pada akhir September 1871, pemerintah Qing membuat rencana terperinci untuk memilih pemuda sebagai siswa misi pendidikan dan mengirim mereka ke AS.
Di bawah dorongan Yung Wing, mahasiswa China pertama yang lulus dari universitas Amerika (Yale, pada tahun 1854), program mahasiswa asing resmi pertama dalam sejarah China diluncurkan.
Secara total 120 siswa dikirim ke AS dalam empat gelombang antara tahun 1872 dan 1875, mereka berencana untuk kembali ke China setelah 15 tahun belajar.
Namun, setelah para siswa ini belajar di AS selama delapan atau sembilan tahun, pemerintah Qing secara dini tiba-tiba menghentikan program tersebut, sebagian besar karena kekhawatiran tentang seberapa baik siswa tersebut diterima dan diintegrasikan ke dalam kehidupan Amerika.
Yung Wing menulis dalam otobiografinya My Life in China and America (1909) bahwa beberapa siswa telah memotong kepang yang melambangkan kesetiaan mereka kepada China; beberapa telah mengadopsi agama Kristen dan mengusulkan gagasan 'Mengkristenkan Kekaisaran Cina'; yang lain mulai mengkritik budaya tradisional China dan Konfusianisme.
Tak satu pun dari perubahan ini dapat ditoleransi oleh pemerintah dan pada tahun 1881 para siswa dipaksa untuk menangguhkan studi mereka dan kembali ke rumah.
Meskipun pendidikan mereka terputus, namun setelah mereka kembali,mereka menjadi pionir di industri pertambangan, kereta api, dan telegraf China.
Mereka mendapatkan posisi itu sebagian besar karena pengetahuan yang mereka peroleh di AS.
Jeme Tien Yow, secara independen merancang dan memimpin pembangunan jalur kereta api pertama China (Kereta Api Beijing-Zhangjiakou); Tsai Shou Kee, yang mendirikan dan menjadi presiden Universitas Imperial Tientsin (sekarang Universitas Tianjin).
Leung Dunyan, menjabat sebagai menteri luar negeri untuk pemerintah Qing dan menteri transportasi untuk pemerintahan Beiyang.
Sementara yang lain mendirikan sekolah, membuka pabrik dan membangun rel kereta api.
Konsep, teknologi, dan budaya barat yang dibawa kembali oleh para siswa ini menimbulkan sensasi di China yang tertutup dan membuat pejabat senior lebih sadar bahwa menutup diri dari dunia luar adalah batu sandungan bagi pembangunan negara.
Hanya dengan secara aktif mempelajari sistem dan teknologi negara lain, maka China dapat menjadi lebih kuat dan belajar dari Barat secara bertahap dapat diterima.
Oleh karena itu, pada tahun 1909, pemerintah Qing meluncurkan kembali program resmi studi luar negeri dan Kementerian Luar Negeri juga menetapkan Kantor Estetika Pariwisata, yang mengkhususkan diri dalam pengiriman siswa ke AS.
Antara tahun 1909 dan 1911, 180 siswa lainnya dikirim dalam tiga angkatan; di antara mereka adalah Mei Yiqi, Hu Shi, Zhao Yuanren dan Zhu Kezhen, yang kemudian menjadi tokoh terkemuka dalam politik, pendidikan, budaya, dan akademisi Tiongkok.
Setelah berdirinya Republik Tiongkok pada tahun 1912, program pemerintah untuk mengirim siswa ke luar negeri untuk belajar dikembangkan dalam skala yang lebih besar, dengan lebih banyak siswa yang ambil bagian.
Tiga basis pelatihan juga dibentuk untuk siswa yang bersiap untuk belajar di luar negeri, yaitu: Universitas Tsinghua (di Beijing), Universitas Nanyang (di Shanghai) dan Sekolah Persiapan Henan untuk Studi Lebih Lanjut di Eropa dan Amerika (sekarang Universitas Henan).
Kini proses reformasi dan keterbukaan telah diterima di seluruh masyarakat China, melansir historytoday.
Pemerintah Republik Rakyat China masih mendorong kaum muda untuk belajar di luar negeri.
Menurut statistik dari Kementerian Pendidikan China, jumlah total siswa China yang belajar di negara lain mencapai hampir enam juta dalam 40 tahun dari 1978 hingga 2018.
Pada 2018, dengan 662.100 siswa China yang terdaftar di luar negara mereka, China menjadi sumber pendidikan terbesar mahasiswa asing di dunia.
Setelah menerima pendidikan internasional, para siswa ini telah membawa perubahan besar bagi masyarakat China dan menghubungkan China lebih dekat dengan seluruh dunia.
Dan kini Anda lihat sendiri hasilnya.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari