Find Us On Social Media :

Memanas, Beijing Usir Kapal Perusak AS di Laut China Selatan hingga Kirim 'Shandong' Kapal Induk Buatannya Sendiri

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 12 Juli 2021 | 17:56 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - China mengeklaim telah mengusir kapal perusak milik Amerika Serikat (AS) di dekat Kepulauan Paracel, Laut China Selatan, pada Senin (12/7/2021).

Beijing mengeklaim, kapal perusak USS Benfold tersebut memasuki perairan Kepulauan Paracel tanpa persetujuan pemerintah China.

Komando Palagan Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menyatakan, pelayaran USS Benfold tersebut melanggar kedaulatan China dan merusak stabilitas Laut China Selatan.

"Kami mendesak AS untuk segera menghentikan tindakan provokatif seperti itu," kata Komando Palagan Selatan PLA sebagaimana dilansir Reuters.

Baca Juga: Tak Ada Tawar-menawar Lagi, Amerika Hanya Punya Pilihan Hancurkan China Demi Menjaga Kedamaian di Laut China Selatan, dan Menghentikan Invasi Taiwan

Di sisi lain, Angkatan Laut AS tidak segera memberikan komentar atas insiden tersebut.

Kepulauan Paracel adalah salah satu di antara ratusan pulau, terumbu karang, dan atol di Laut Cina Selatan yang kaya akan sumber daya.

Perairan tersebut diperebutkan oleh China, Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia, dan Brunei.

Beijing mengeklaim sebagian besar dari perairan tersebut dengan dalih sejarah masa lalu lalu dicanangkan melalui programnya bernama nine dash line atau sembilan garis putus-putus.

Baca Juga: Ditinggalkan Tentara Amerika, Afganistan Langsung Kacau Balau 85 Persen Wilayahnya Langsung Dikuasi Taliban, Afganistan Sampai Memelas Bantuan Pada China dan Rusia, Tapi Malah Begini Responnya