Find Us On Social Media :

Amerika Tarik Pasukan, China Buru-buru Dekati Afghanistan untuk Tujuan Besar Ini, Apa yang Sebenarnya Diincar Tiongkok?

By Tatik Ariyani, Selasa, 13 Juli 2021 | 10:04 WIB

Presiden China Xi Jinping - China sedang giat menyebarkan propagandanya ke dunia

Intisari-Online.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mantap untuk menarik masukan militernya dari Afghanistan.

Biden sudah menentukan bahwa 31 Agustus 2021 akan menjadi penarikan gelombang terakhir pasukan miiter AS di Afghanistan.

Biden mengatakan pihaknya sudah lama skeptis dengan penempatan pasukan militer AS di Afghanistan selama 20 tahun ini.

AS sudah lama mencapai tujuan awalnya, yakni menginvasi Afghanistan pada 2001 untuk menumpas militan al-Qaeda dan mencegah mereka melakukan serangan berikutnya ke AS seperti serangan teror pada 11 September 2001.

Baca Juga: Pantas Saja Amerika Ketar-ketir, Nuklir Eksotis Mematikan Ini Disiapkan China Jauh-jauh Hari untuk Kalahkan Musuh Bebuyutannya itu, Ganggu 'Stabilitas Global'

Kini, setelah AS mundur, China dikabarkan mendekati Afghanistan dan mulai mengembangkan pengaruhnya di kawasan itu setelah 20 tahun perang di negara itu.

Menteri luar negeri China Wang Yi akan memulai perjalanan ke Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan pada hari Senin untuk membahas rencana China di Asia Tengah karena China mulai mendekati Afghanistan.

Melansir Express.co.uk, Senin (12/7/2021), langkah ini menegaskan kekhawatiran yang berkembang bahwa China memiliki tujuan besar untuk pengaruh dan kekuatan yang lebih besar di kawasan itu.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Bakal Jadi Vaksin Berbayar oleh Kimia Farma Ternyata Ini Perbedaan Vaksin Sinopharm dan Sinovac Meski Sama-sama dari China