Intisari-online.com - Belakangan China mendapatkan kritik dari berbagai pihak setelah tindakannya mendekati wilayah udara Malaysia.
Menurut komandan Angkatan Udara AS di Pasifik, Jenderal Kenneth S. Wilbasch, mengkritik tindakan pesawat militer China.
Hal ini dianggap menyebabkan ketegangan yang tidak perlu, bagi kedua negara.
Menurutnya hal itu hanya memudahkan pemangku kebijakan untuk salah perhitungan dan mengarah pada skenario negatif bagi seluruh wilayah.
Jenderal AS menuduh China sengaja meningkatkan ketegangan dan mempengaruhi perdamaian, dan stabilitas umum.
Pada 31 Mei pesawat Malaysia mendeteksi kelompok 16 pesawat angkut militer Il-76 dan Y-20 terbang dalam formasi taktis, bergerak menuju pantai Kalimantan, negara bagian Sarawak dalam jarak 60 mil laut.
Wilayah laut lepas Sarawak di timur negara tersebut secara terang-terangan diklaim oleh China, dalam lingkup sembilan garis putus-putus.
Meskipun ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Permanen (PCA) pada 2016.
Seorang pejabat Beijing yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan kepada South China Morning Pos.
Bahwa pesawat-pesawat yang disebutkan di atas dikirim dalam misi pasokan untuk pasukan yang ditempatkan di fitur-fitur yang diduduki secara ilegal Beijing di Kepulauan Spratly, Vietnam.
Khususnya, ini bukan pertama kalinya pesawat angkut militer Y-20 muncul di Laut Cina Selatan.
Pada akhir tahun lalu, sebuah satelit militer AS menangkap gambar pesawat angkut Y-20 China di area Fiery Cross Reef di Kepulauan Spratly Vietnam.
Landasan pacu yang panjangnya lebih dari 3.000 meter, secara ilegal direklamasi oleh Beijing di Fiery Cross Reef, mampu menerima pesawat angkut besar seperti Y-20.
Di sisi lain, meskipun sumber South China Morning Post mengatakan bahwa Y-20 biasanya hanya memasok pasokan penting untuk tentara di lapangan, sebenarnya ia dapat memainkan peran lebih dari itu.
Dengan kapasitas untuk membawa hingga 66 ton kargo, Y-20 diam-diam dapat mengangkut sistem rudal, amunisi dan bahkan tank ringan ke Spratly lebih cepat daripada kapal amfibi.
Dalam skenario konflik militer, ini akan menimbulkan ancaman signifikan bagi pihak yang bertikai di Laut Cina Selatan.
Perkembangan yang sama mengkhawatirkan dari China dalam beberapa tahun terakhir adalah informasi terkait penyebaran rig semi-submersible dan semi-floating terbesar di dunia rig pengeboran "Deep Sea No. 1", dengan berat lebih dari 100.000 ton.
Menurut Global Times, anak perusahaan People's Daily, corong resmi Partai Komunis China, pemasangan peralatan teknis di rig selesai pada 29 Mei.
Saat ini, rig pengeboran "Deep Sea No. 1" sedang dalam proses persiapan untuk ditarik ke area gas Lingshui di lepas Pulau Hainan.
Ini adalah ladang minyak dan gas besar pertama yang ditemukan oleh China sendiri melalui eksplorasi laut dalam dan rig pengeboran "Deep Sea No. 1" diharapkan dapat menghasilkan 3 miliar m3 per tahun.
Jika ini benar-benar hanya operasi penambangan Cina biasa, itu tidak layak disebut, tetapi tidak demikian halnya.
China dalam beberapa tahun terakhir terus-menerus mengerahkan banyak rig eksplorasi dan produksi minyak dan gas di Laut Timur.
Tidak hanya untuk mengeksploitasi sumber daya tetapi juga untuk melegitimasi klaim kedaulatan ilegalnya dan mempromosikan klaim maritim ilegal di wilayah tersebut.
Saat paling serius terjadi pada tahun 2014, China secara terang-terangan menempatkan anjungan minyak HD-981 ke zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen Vietnam.
Mendorong hubungan Vietnam-China ke salah satu periode tersulit sejak kedua belah pihak menjalin hubungan diplomatik resmi.
Pimpinan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) saat itu secara blak-blakan menyatakan rig-rig China tidak hanya menyedot minyak tetapi juga yang disebut sebagai 'sovereign landmark' di laut mereka.
Oleh karena itu, dilihat dari informasi ini, tidak hanya Vietnam tetapi semua negara memiliki perselisihanKedaulatan di Laut Timur perlu memperhatikan dengan seksama dan memonitor secara ketat pengerahan rig pengeboran "Deep Sea No. 1" China kali ini.
Selain perlu mewaspadai niat politik China, negara-negara perlu memberikan perhatian khusus pada risiko bahwa Beijing dapat mengubah rig ini menjadi pangkalan militer tidak resmi, atau setidaknya memanfaatkannya untuk tujuan militer.
Menurut The Diplomat, pada tahun 2016, Kementerian Luar Negeri Jepang menemukan bahwa sejumlah rig minyak China yang ditempatkan di daerah sengketa di Laut China Timur.
Menunjukkan tanda-tanda memasang radar - jenis yang biasanya dilengkapi untuk kapal patroli.
Selain itu, rig pengeboran China juga dirancang dengan helipad, Preseden ini menunjukkan bahwa China mungkin "menulis ulang" rig "Deep Sea No. 1".