Intisari-Online.com – Misteri tenggelamnya kapal selam Prancis, Surcouf, masih diperdebatkan sejak menghilang di Pasifik, dekat Tahiti.
Apakah kapal selam dan 130 awaknya itu dihancurkan oleh musuh atau ada sesuatu yang lebih menyeramkan?
Mungkinkah tenggelamnya kapal penjelajah bawah laut itu hanya kecelakaan yang mengerikan?
Apa pun yang sebenarnya terjadi, tetapi itu adalah sebuah akhir yang aneh dari sebuah kapal yang telah dilanda masalah sejak awal peluncurannya hingga akhir.
Surcouf dibangun setelah berakhirnya Perang Dunia I dan diluncurkan pada tanggal 18 Oktober 1929.
Surcouf adalah kapal selam terbesar yang pernah dibuat, sampai Jepang memproduksi kapal selam kelas I-400.
Kapal selam itu dinamai dengan Robert Surcouf, karena dia bisa menghasilkan banyak uang dengan mengarungi Samudra Hindia sebagai komandan angkatan bersenjata dan seorang pedagang.
Kapal selam itu dimaksudkan untuk menjadi bagian dari trio kapal dan diberi nomor umbul N N 3 - meskipun dua sisanya tidak pernah dibangun dan Surcouf melayani waktunya sebagai kapal selam penjelajah eksperimental.
Surcouf dibangun untuk digunakan sebagai kapal penjelajah bawah air dan dimaksudkan untuk mencari dan melibatkan kapal permukaan.
Untuk melakukan pengintaian, ia dilengkapi dengan pesawat amfibi Besson MB.411 di hanggar yang khusus dibangun di dekat menara komando.
Untuk tujuan pertempuran, Surcouf dilengkapi dengan 10 tabung torpedo.
Enam di antaranya berdiameter 550 mm (22 inci) dan empat di antaranya berukuran 400 mm (16 inci).
Surcouf juga memiliki dua meriam 203 mm (8 inci) di turret yang ditempatkan di depan menara komando.
203mm adalah meriam angkatan laut menengah yang digunakan Angkatan Laut Prancis dan merupakan karakteristik kapal penjelajah yang dibuat karena batasan persenjataan yang diberlakukan oleh Perjanjian Angkatan Laut Washington tahun 1922.
Senapan 8in dikendalikan oleh seorang direktur yang memiliki pengintai jarak 5m (16ft) yang dipasang cukup tinggi untuk melihat cakrawala 11km (6.8mi).
Senjata-senjata ini mampu menembak dalam waktu tiga menit setelah muncul ke permukaan dan jika periskop dikerahkan untuk mengarahkan tembakan, jarak tembak ditingkatkan menjadi 16 km (9,9 mil).
Sebagai bagian dari desain aslinya, sebuah platform seharusnya mengangkat pengintai sejauh 15m (49 kaki) ke udara, tetapi ini dengan cepat ditinggalkan karena efeknya pada gulungan kapal.
Cara lain unit yang berjaga di kapal selam dapat mengarahkan tembakan adalah melalui rencana observasi Besson, yang dapat mengidentifikasi target hingga jarak maksimum senjata sejauh 39 km (24 mil).
Untuk pertahanan, ada senapan mesin dan meriam anti-pesawat yang dipasang di bagian atas gantungan, dan untuk pertahanan diri, perahu motor berukuran 4,5 m (14 kaki 9 inci).
Termasuk dengan peralatan itu adalah kompartemen kargo yang juga bisa menampung 40 narapidana.
Tangki bahan bakar pesawat itu juga besar dan dapat menampung bahan bakar yang cukup untuk perjalanan 19.000 km (12.000 mil) dan memiliki persediaan yang cukup untuk menampung 118 awak selama 90 hari.
Tetapi terlepas dari semua angka yang mengesankan ini, Surcouf mengalami sejumlah kesulitan sejak awal hidupnya.
Trimnya sulit untuk disesuaikan selama menyelam dan di permukaan, kapal selam berguling dengan buruk di air yang tidak rata.
Dia juga membutuhkan waktu dua menit untuk menyelam hanya 12m (39ft), di mana dia rentan terhadap pesawat.
Seiring dengan masalah teknis, sejarah kapal juga suram.
Pada tahun 1940, kapal itu berbasis di Cherbourg, tetapi dipasang kembali di Brest ketika Jerman menginvasi Prancis.
Karena Sekutu tidak ingin dia diambil, kru diperintahkan untuk berlindung di seberang saluran di Plymouth.
Surcouf akhirnya melakukan perjalanan singkat melintasi lautan berbahaya itu dengan satu mesin yang tidak dapat dioperasikan.
Pada tanggal 3 Juli, terjadi pertumpahan darah pertama yang melibatkan kapal selam dan mengakibatkan kematian yang tidak perlu dan tragis dari tiga pria Inggris dan satu pelaut Prancis.
Karena Sekutu khawatir kapal Prancis akan diambil alih oleh Angkatan Laut Jerman, maka Operasi Catapult pun dilancarkan.
Kembali ke Inggris, Surcouf ditumpangi untuk memastikan bahwa kapal tidak akan jatuh ke tangan yang salah.
Inggris menyelesaikan reparasi Surcouf pada Agustus 1940 dan menyerahkannya kepada Angkatan Laut Prancis Bebas, yang menentang rezim Prancis Vichy.
Ketegangan masih tinggi pada saat ini dan kedua belah pihak menuduh yang lain bekerja untuk Jerman melalui rezim boneka di Prancis.
Salah satu klaim Inggris yang luar biasa adalah bahwa kapal selam tersebut menyerang kapal-kapal Inggris.
Setelah diserahkan pasukan perlawanan Prancis, Surcouf berakhir di Kota Quebec pada bulan Desember 1941.
Ia telah sampai di sana melalui Halifax, Nova Scotia dan perbaikan selama tiga bulan di Portsmouth, New Hampshire, setelah dirusak oleh pesawat Jerman saat mengawal trans Konvoi Atlantik.
Pada Januari 1942, Prancis Bebas mengirim kapal selam ke Pasifik dan memasok kembali di Bermuda.
Perubahan arah ini memicu desas-desus bahwa Martinique akan diambil dari Vichy untuk Prancis Bebas.
Namun, tiba-tiba, Surcouf tidak ada lagi.
Setelah berangkat pada 12 Februari ke Terusan Panama, komunikasi tiba-tiba berhenti.
Satu teori mengatakan bahwa dia tenggelam pada 18 Februari 1942 setelah ditunggangi oleh kapal Amerika Thompson Lykes, yang melaporkan menabrak benda yang sebagian tenggelam.
Laksamana Muda Auphan menulis dalam bukunya The French Navy In World War II bahwa "karena alasan yang tampaknya bersifat politis, dia ditabrak pada malam hari di Karibia oleh kapal barang Amerika."
Teori lain menunjukkan bahwa dia ditelan oleh Segitiga Bermuda atau bahwa dia tertangkap basah sedang mengisi bahan bakar kapal selam Jerman dan ditenggelamkan oleh pasukan Amerika.
Terakhir, catatan dari Heavy Bomber Group ke-6 menunjukkan tenggelamnya sebuah kapal selam besar pada tanggal 19 Februari.
Namun, tidak ada aktivitas Jerman yang dilaporkan hilang sekitar tanggal itu.
Sementara, Heavy Bomber Group ke-6 bermarkas di Panama.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari