Find Us On Social Media :

Kemungkinan Bisa Sebabkan Perang Dunia III Karena Kejutkan NATO, Kapal Selam Nuklir Soviet Ini Sungguh Tidak Beruntung, Terjadi Kecelakaan Beruntun, Hingga Dijuluki 'Hiroshima'

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 28 April 2021 | 12:00 WIB

Kapal selam Soviet K-19

Intisari-Online.com – Nasib buruk menimpa kapal selam nuklir Soviet K-19.

Bila masuk ke dalam dongeng rakyat menjadi sebuah kisah tentang nasib buruk di laut.

Selama pembuatan kapal selam tersebut, serangkaian kecelakaan aneh melanda pekerja galangan kapal yang ditugaskan untuk membuat K-19 layak berlayar.

Pada akhir 1950-an, Uni Soviet bergegas mengejar ketertinggalan pengembangan kapal selam nuklir Amerika, dan K-19 dimaksudkan untuk menjadi yang pertama di kelasnya.

Baca Juga: Bangkai Kapal Selam Soviet ini Bocor dengan Radiasi Tinggi, Bisakah Ditemukan Sebelum Radiasi Mengancam Kehidupan Laut dan Jadi Ancaman Serius pada Rantai Makanan?

Kapal selam itu dilengkapi dengan rudal balistik nuklir yang mampu memberikan pukulan hebat ke garis pantai AS.

Proyek ini sangat penting karena, pada tahun 1961 ketika kapal selam melakukan pelayaran pertamanya, Perang Dingin hampir menjadi termonuklir.

Pembangunannya berlangsung tergesa-gesa, yang menyebabkan sepuluh kematian sebelum kapal selam itu selesai dibangun di galangan kapal Severodnivsk di ujung utara Uni Soviet.

Proyek 658, atau kapal selam Kelas Hotel, mengalami masa konstruksi yang merepotkan.

Baca Juga: Operasi Rahasia CIA, Buru Kapal Selam Soviet yang Tenggelam di Dasar Pasifik, Diam-diam Ini yang Mereka 'Curi'