Find Us On Social Media :

Operasi Rahasia CIA, Buru Kapal Selam Soviet yang Tenggelam di Dasar Pasifik, Diam-diam Ini yang Mereka 'Curi'

By Tatik Ariyani, Jumat, 22 Januari 2021 | 11:22 WIB

Bagian dari kapal selam Soviet ditemukan

Intisari-Online.comCIA menjalankan operasi rahasia untuk menemukan bangkai kapal selam Soviet yang telah "dipersenjatai dan siap diluncurkan" di Pantai Barat AS, menurut para penyelidik.

Itu terjadi selama puncak Perang Dingin, ketika AS dan Uni Soviet mengambil risiko memulai perang nuklir.

Ancaman ini akan mendidih selama Krisis Rudal Kuba ketika Perdana Menteri Soviet Nikita Khrushchev memenuhi permintaan Fidel Castro untuk menempatkan senjata nuklir di pulau itu.

Sebagian besar pakar setuju bahwa kebuntuan selama 13 hari itu "membawa dunia ke ambang bencana nuklir", dengan kedua negara dipersenjatai dengan senjata yang mampu melenyapkan satu sama lain.

Baca Juga: Bukan China Apalagi Amerika, Justru Korea Utara yang Diklaim Bisa Menghancurkan Seluruh Dunia Berkat Senjata Paling Kuat di Dunia Ini, Seperti Apa Kehebatannya?

Tetapi saluran YouTube 'Dark Docs' mengungkapkan bagaimana enam tahun kemudian, peristiwa mengejutkan lainnya terjadi.

Meansir Express.co.uk, narator berkata: “Maret 1968, sebuah kecelakaan yang tidak dapat dijelaskan dan bencana menyebabkan kapal selam kelas Golf Soviet - yang dikenal sebagai K-129 tenggelam ke dasar Pasifik saat dalam perjalanan ke stasiun patrolinya di lepas pantai Hawaii.

“Di depan umum, tidak ada seorang pun di dunia yang tahu apa yang terjadi, di mana kapal selam itu berada atau rahasia apa yang mungkin disembunyikan di atas kapal.

“Di balik layar, bagaimanapun, para penyelidik mengetahui operasi rahasia pemerintah AS untuk memangsa puing-puing dari lantai dan mengungkap teknologi rahasia apa pun yang mungkin tersembunyi di dalamnya.

Baca Juga: Sudah Hidup Sejak Zaman Uni Soviet, Monster Topan yang Awalnya Tinggal Puing Ini Kembali Jadi Kapal Selam Terkuat Rusia Saat Ini, Tengok Kelebihannya