Boeing 737-500 Seperti yang Digunakan Sriwijaya Air Sudah Banyak Dipensiunkan, Penyelidik Kecelakaan Penerbangan Malah Sebut Usia Bukan Faktor Utama, Lalu Apa?

Muflika Nur Fuaddah
Muflika Nur Fuaddah

Editor

Proses pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182 mulai menemui titik terang. Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat konferesi pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Minggu (10/1/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Proses pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182 mulai menemui titik terang. Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat konferesi pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Minggu (10/1/2021).(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)

Intisari-Online.com- Indonesia baru saja berduka terkait berita adanya kecelakaan pesawat terbang Sriwijaya Air yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

Pesawat ini hilang kontak setelah 4 menit terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta tujuan Pontianak, Kalimantan.

Pagi ini, anggota tim penyelam Kopaska TNI AL, Mayor Laut Edi Tirtayasa mengatakan bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan dengan kondisi hancur berkeping-keping di tempat penyelaman sekitar Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Saat menyelam, Edi melihat serpihan pesawat dengan ukuran kecil.

Baca Juga:Sriwijaya Air SJ182 Terjun 3000 Meter Kurang dari Satu Menit, Dulunya Pesawat Satu Ini Malah Bisa Mendarat Darurat dengan Selamat Meski Mesin Mati, Begini Ceritanya

“Di dalam laut ada serpihan pesawat. Pesawat hancur total,” ujar Edi di tengah kegiatan penyelaman di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta pada Minggu (10/1/2021) pagi.

PantauanKompas.com, anggota tim Kopaska TNI AL beberapa kali mengangkut potongan bagian pesawat Sriwijaya Air.

Adapun bagian pesawat yang ditemukan antara lain berupa pecahan ban pesawat, pelampung penumpang, bagian kelistrikan pesawat, bagian badan pesawat warna biru merah, moncong pesawat, dan bagian pesawat lainnya.

Potongan bagian pesawat sudah diangkut ke KRI Kurau.

Baca Juga:Tahun 1972, Para Korban Pesawat Jatuh Ini Terjebak Selama 72 Hari di Pegunungan Andes dan Terpaksa Memakan Tubuh Penumpang Lain untuk Bertahan Hidup

Sebelumnya, tim Kopaska TNI AL menemukan bagian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 setelah melakukan penyelaman di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Minggu (10/1/2021) pagi.

Penemuan bagian pesawat Sriwijaya Air diinformasikan oleh Komandan KRI Teluk Gilimanuk, Letkol Laut Fakhrul.

“Ini ada temuan, akan dibawa ke KRI Kurau,” kata Fakhrul di KRI Teluk Gilimanuk, Pantauan Kompas.com, bagian pesawat Sriwijaya Air sekitar pukul 09.00 WIB.

Adapun bagian pesawat yang ditemukan seperti pecahan ban pesawat, pelampung penumpang, bagian kelistrikan pesawat, bagian badan pesawat warna biru merah, moncong pesawat, dan lainnya.

Baca Juga:Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Diduga Jatuh dalam Keadaan Stall, Dulu AirAsia QZ8501 Mengalami Hal yang Sama, Ini yang Menyebabkannya Jatuh di Selat Karimata

Beberapa temuan bagian pesawat Sriwijaya Air telah dibawa ke Kapal KRI Kurau.

Kompas.com berada di perahu sea-rider bersama anggota TNI AL.

Apa Itu Pesawat Boeing 737 Max?

Penerbangan hari Sabtu, Sriwijaya Flight 182, menggunakan Boeing 737-500.

Baca Juga: Kesalahpahaman Ibu Arjuna Inilah yang Membuat Drupadi Akhirnya Punya Lima Suami Pandawa

Itu adalah bagian dari seri 737 "klasik" pabrikan pesawat dan sudah banyak yang dipensiunkan.

Mereka yang mengakhiri produksi pada Desember 1999, menurut Boeing.

Southwest Airlines, yang hanya menerbangkan jet Boeing, adalah pelanggan pertama 737-500, memesan 20 jet pada tahun 1987 dan menerima pengiriman pertamanya pada tahun 1990.

Southwest menghentikan 737-500 terakhirnya pada tahun 2016.

Baca Juga: Sempat Dikaitkan dengan Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182, yang Sudah Berusia 26 Tahun, Pakar Ungkap Pesawat Bisa Saja Dalam Kondisi Sehat Meski Sudah Tua, Ini Alasannya

Usia Pesawat Sudah 26 Tahun

Anthony Brickhouse, seorang penyelidik kecelakaan penerbangan dan profesor keamanan kedirgantaraan di Embry-Riddle Aeronautical University di Pantai Daytona, Florida, mengatakan hal pertama yang dia ingin tahu ketika mendengar tentang kecelakaan pesawat adalah: apakah itu 737 Max.

Dia mengatakan para penyelidik akan fokus pada tiga area luas saat mereka mencoba mencari tahu apa yang terjadi dengan Sriwijaya Air 182: elemen manusia, pesawat dan lingkungan pada hari penerbangan, terutama cuaca.

Usia Boeing 737-500 akan dibahas tetapi tidak ada yang akan menganggapnya salah.

Baca Juga: Berambisi Kalahkan China, Jepang Bikin Jet Tempur Tak Berawak, Digadang-gadang Jadi Jet Tempur Terbaik Buatan Jepang

"Hanya karena sebuah pesawat berusia 26 tahun tidak berarti ia berbahaya."

Dia mengatakan para pelancong di Amerika Serikat menganggap pesawat berusia 26 tahun adalah normal karena maskapai penerbangan terus menyegarkan armada mereka.

Spirit Airlines yang berbasis di Florida, misalnya, terus-menerus membual bahwa rata-rata usia pesawatnya adalah 5,6 tahun.

Tetapi usia pesawat bukanlah ukuran terbaik untuk masa hidupnya, jumlah lepas landas dan pendaratan serta jam terbang lebih penting, kata Brickhouse.

Baca Juga: Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-500 yang Jatuh Merupakan Model Tanpa Sistem Kontrol Otomatis, Seperti Kecelakaan Lion Air 2018

Usia pesawat belum tentu memberi tahu kita banyak hal," kata Brickhouse.

"Jauh lebih dalam dari itu. ''

Faktor lain yang akan dipertimbangkan dalam kasus ini: catatan keselamatan penerbangan Indonesia yang relatif buruk.

"Selama 15 tahun terakhir ini mereka pasti memiliki beberapa tantangan keamanan utama dengan maskapai yang berbeda," kata Brickhouse.

Baca Juga: Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak dalam Hitungan Detik, Inilah Critical Eleven, 11 Menit Penuh Risiko dalam Penerbangan, Bak Dekati Gerbang Kematian

(*)

Artikel Terkait