Intisari-Online.com - Dini hari tanggal 12 September 1826, seorang tukang batu dari Batavia, New York bernama William Morgan menghilang dari penjara setempat.
Morgan bukanlah orang penting.
Bahkan, ia dikenal sebagai pengemudi pemabuk yang, menurut sejarawan dan penulis dari 'American Hysteria: The Untold Story of Mass Political Extremism in the United States' Andrew Burt, “menggerakkan keluarganya tanpa henti di seluruh pedesaan, menyeret istrinya, Lucinda, dan dua anaknya yang masih kecil dari satu usaha yang gagal ke usaha berikutnya. ”
Tapi Morgan lebih dari sekadar gelandangan seperti yang terlihat.
Dia juga berhasil menyusup ke dalam perkumpulan rahasia freemason dan mengancam akan menerbitkan buku yang mengungkap taktik organisasi yang kuat.
Sebagai hasil dari rencananya, para Mason lokal mulai mengganggu Morgan, berharap untuk menghentikan publikasi pengungkapan tersebut.
Setelah ditahan di penjara atas tuduhan yang dibuat-buat, Morgan diselamatkan oleh sekelompok Mason dan dibawa pergi, tidak pernah terlihat lagi.
Konspirasi seputar kepergiannya memicu sentimen anti-Mason lokal, yang pada gilirannya mengarah pada gerakan anti-Mason nasional yang mengguncang salah satu komunitas rahasia paling berpengaruh dalam sejarah dan mengubah politik Amerika selamanya.
Jauh sebelum Freemason menjadi titik nyala dalam politik awal abad ke-19, ordo tersebut adalah organisasi pekerja batu yang sederhana, yang diyakini telah dibentuk di Inggris dan Skotlandia pada tahun 1500-an.
Organisasi itu segera menjadi lebih filosofis, menggunakan prinsip-prinsip stonemasonry sebagai metafora panduan untuk diam-diam membantu anggotanya di bidang bisnis dan masyarakat lain.
Loge Masonik pertama mulai muncul di koloni pada awal abad ke-18, dan dengan cepat memperoleh kekuasaan dan pengaruh.
Anggota Freemason akhirnya memainkan peran penting dalam pembentukan Amerika Serikat — 13 dari 39 tanda tangan di Konstitusi AS adalah milik Mason — dan, pada saat Morgan menghilang pada tahun 1820-an, perwakilannya telah bercokol di setiap tingkat hirarki sosial, ekonomi dan politik negara.
Tidak ada tempat yang lebih benar selain di New York.
Kepada Morgan, dan temannya David C. Miller, penerbit surat kabar lokal yang berjuang untuk mempertahankan terbitannya, Freemason yang sukses menyajikan pengingat harian akan kekayaan yang, bagi mereka, tampaknya tidak mungkin tercapai.
Seperti yang ditulis AP Bentley dalam bukunya pada tahun 1874 History of the Abduction of William Morgan and the Anti-Masonic Excitement of 1826-30 , Kedua pria tersebut “mengadakan kemitraan untuk mencetak sebuah buku yang akan diberitahukan kepada publik untuk mengungkapkan rahasia pasangan bata, dengan harapan mendapatkan keuntungan dari keingintahuan yang menganga dari orang yang vulgar. "
Dengan alasan palsu sebagai seorang Mason, Morgan mendapatkan akses ke penginapan lokal dan mendokumentasikan beberapa upacara rahasia dan ritual pelantikan organisasi tersebut.
Begitu Morgan menuliskan detail terselubung ini di atas kertas, Miller mulai menggoda rilis publik mereka.
Pada bulan Agustus 1826, Miller mengisyaratkan sifat pembakar dari eksposur yang akan datang, dengan mengatakan dia telah menemukan "bukti terkuat kebusukan" di lembaga berusia berabad-abad.
Ancaman Miller dan Morgan untuk mengungkap rahasia terdalam dari para Mason menyebar dengan cepat.
Di setiap negara tetangga, cabang-cabang Mason segera diliputi oleh kepanikan, ketakutan, dan kemarahan atas apa yang mungkin diungkapkan kedua pria itu.
Membayangkan yang terburuk, komite-komite diorganisir untuk menilai potensi dampak dari cerita yang diusulkan Morgan dan Miller.
Saat tanggal penerbitan semakin dekat, para Mason memulai kampanye pelecehan yang ditargetkan terhadap dua calon penerbit buku.
Petugas penegak hukum yang setia kepada Freemason menangkap dan memenjarakan Morgan dan Miller karena hutang yang belum dibayar.
Kantor Miller juga menjadi sasaran. Pada 8 September, sekelompok Mason yang mabuk mencoba menghancurkan toko percetakannya, dan itu rusak oleh api kecil dua hari kemudian.
Pada 11 September, sekelompok Mason muncul di rumah Morgan dengan surat perintah penangkapan untuk pencurian kecil-kecilan.
Sepertinya dia telah meminjam kemeja dan dasi dari pemilik kedai minum lokal dan tidak pernah mengembalikannya.
Segera setelah dia tiba di kantor polisi, tuduhan itu dibatalkan, tetapi Morgan segera ditangkap karena hutang kecil lainnya sebesar $ 2,65.
Larut malam, dia diselamatkan oleh sekelompok Mason yang dipimpin oleh Loton Lawson — dalang penculikan, menurut Light on Masonry , kompilasi dokumen abad ke-19 tentang freemasonry.
Dia segera diantar ke dalam kereta dan dibawa pergi, tidak pernah terlihat lagi.
Kata terakhir yang diucapkan Morgan adalah, diduga, "Pembunuhan!"
Desas-desus hilangnya Morgan menyebar ke seluruh New York.
Dengan setiap kabupaten baru yang mendengar berita tersebut, tampaknya kebrutalan dan drama penculikan tumbuh secara eksponensial, sementara keinginan untuk menggambarkannya secara akurat berkurang pada tingkat yang sama.
Para Mason yang "picik, tertutup, dan kuat", seperti yang digambarkan Burt, segera menjadi simbol populer dari segala sesuatu yang salah dengan negara itu.
Orang-orang yang dituduh hilangnya Morgan diadili, tetapi pada Januari 1827, mereka dijatuhi hukuman yang relatif ringan.
Meskipun mereka telah terlibat dalam potensi pembunuhan, keempat terdakwa — Loton Lawson, Eli Bruce, Kolonel Edward Sawyer dan Nicholas G. Chesebro — menerima hukuman penjara mulai dari satu bulan hingga dua tahun penjara, dihukum, seperti yang dikatakan Burt , tentang "memindahkan secara paksa Morgan dari satu tempat ke tempat lain di luar keinginannya."
Para Mason yang sangat kuat, di mata orang-orang yang menentang mereka, berhasil lolos dari pembunuhan
“Semua orang menyukai cerita konspirasi yang bagus,” kata Burt.
“Dan itu adalah percikan awal — berita utama, kemarahan, kejahatan, pembunuhan. Tidak butuh waktu lama sebelum sebuah gerakan lahir."
Kemarahan itu menyebabkan seruan untuk tindakan politik.
Warga dari seluruh negara bagian New York bertemu dan menyatakan niat mereka untuk berhenti memilih kandidat yang memiliki ikatan Masonik.
Jika penduduk New York tidak ingin diperintah oleh kaum Mason, tindakan yang paling cepat mereka lakukan adalah memilih mereka keluar.
Sentimen itu meluas ke media juga, karena surat kabar milik Mason diboikot.
Semangat di New York perlahan menyebar ke seluruh negeri.
Pada pemilu berikutnya pada tahun 1828, kandidat anti-Mason memenangkan jabatan di seluruh negeri.
Bahkan presiden yang duduk, John Quincy Adams, menyatakan bahwa dia tidak pernah, dan tidak akan pernah menjadi, seorang Mason.
Partai Anti-Masonik — yang dianggap sebagai “pihak ketiga” pertama Amerika — telah resmi menjadi nasional.
Pada tahun 1830, mereka menjadi partai politik pertama yang mengadakan konvensi pencalonan presiden, kebiasaan yang akhirnya diadopsi oleh semua partai politik besar Amerika.
Sayangnya, konvensi nasional pertama partai itu menjadi yang terakhir.
Pertikaian tentang siapa yang harus dicalonkan, dan bagaimana memperluas platform inti partai ke masalah lain selain membenci Mason, menyebabkan kehancuran terakhirnya.
Burt mengatakan tentang kematian gerakan: "Pada akhirnya, tidak ada cukup substansi pada gerakan untuk memungkinkannya bertahan, dan ia runtuh karena bobotnya sendiri."
Itu tidak berarti bahwa gerakan itu gagal total.
Karena Perselingkuhan Morgan, dan sentimen semut-Masonik yang mengikutinya, keanggotaan menyusut dan pengaruh Masonik berkurang di seluruh negeri.
Meski masih eksis, organisasi adalah bayangan dari dirinya yang dulu.
Tak lama setelah hilangnya Morgan, Miller menerbitkan Illustrations of Masonry dengan kata pengantar pedas yang ditulis “dengan tidak adanya pengarang ... yang diculik dan dibawa pergi dari desa Batavia, pada tanggal 11 September 1826, oleh seorang jumlah Freemason. ” Di dalamnya, Miller menyatakan :
“Saat kita sekarang melihat pertunjukan mencolok di kamar penginapan, dan sekumpulan petugas nominal dengan ciri khas dan lencana mereka, itu mungkin memberi kita gambaran samar tentang pemandangan masa lalu, dan mungkin memuaskan rasa ingin tahu yang tidak berguna, tetapi tidak menghasilkan baik di bawah surga. "
Morgan mengungkapkan bahwa calon anggota harus menandatangani dan menyatakan sumpah setia kepada kaum Mason, dan menjaga rahasia terselubung organisasi yang paling gelap, semuanya di bawah hukuman penyiksaan dan kematian.
Menurut Morgan, salah satu pertukaran yang dia saksikan melibatkan Diakon Senior dari pondok yang menusuk dada anggota yang baru diangkat dengan ujung kompas dan mengeluarkan ancaman berikut:
“Karena ini adalah penyiksaan bagi dagingmu, mungkin terlintas dalam pikiran dan hati nuranimu apa yang akan terjadi jika kau mencoba untuk mengungkapkan rahasia Masonry secara tidak sah. "
Rasa ingin tahu publik yang tidak wajar tentang para Mason, ditambah dengan kemarahan atas hilangnya Morgan yang terkenal, membantu membuat buku itu menjadi buku terlaris.
Sayangnya, Morgan tidak ada untuk menikmati semua itu.
Terlepas dari banyak teori liar — apakah Morgan memiliki identitas baru dan melarikan diri ke Kanada, atau apakah dia mungkin dieksekusi sebagai bajak laut di Kepulauan Cayman? —Misteri tentang apa yang sebenarnya terjadi pada William Morgan tidak pernah terpecahkan.
(*)