Advertorial
Intisari-Online.com -Bagi para penggemar video-video di YouTube, rasanya tidak akan asing dengan nama Atta Halilintar.
Atta adalah pemuda modis yang merupakan bagian dari keluarga Gen Halilintar.
Lahir dari pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk, Atta mewarisi darah Minangkabau.
Sebelumnya, Gen Halilintar jadi hits semenjak sang ibunda, Lenggogeni, menulis buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team.
Dan hebatnya, buku ini banyak disuka orang karena kisah keluarga ini yang kompak dan inspiratif.
Tanpa pengasuh, pembantu, atau baby sitter, Halilintar dan Lenggogeni berkeliling dunia sambil berdagang bersama 11 anaknya, 6 cowok dan 5 cewek.
(Baca juga:Via Vallen, Nella Kharisma, dan Dangdut Koplo yang Kian Berjaya Pascatumbangnya Soeharto)
Atta Halilintar yang lahir di Dumai, 20 November 1994, awalnya cuma posting vlog aktivitas keluarganya yakni Gen Halilintar.
Tak disangka, kanal YouTube Gen Halilintar masuk ke jajaran 10 besar kanal YouTube terfavorit dengan 2,4 juta subscriber.
Mulai terbiasa dengan platform YouTube, Atta membuat kanal YouTube sendiri yaitu AttaHalilintar.
Kanal YouTuber yang sangat menyayangi keluarga ini berisi daily life, rap, prank, dan Q & A. Salah satu yang paling terkenal waktu dia nge-prank cewek yang pengen mencuci mobil.
Saat itu Atta menyamar jadi pegawai car wash di tempat kenalannya.
Mobil cewek itu dicuci oleh Atta. Dengan isengnya, ia merayu cewek itu sembari menanyakan nomor handphone dan Instagram.
Social Experiment ala Atta itu pun sudah ditonton lebih dari 4 juta kali, dan pernah jadi 10 trending YouTube.
YouTuber yang pernah digosipkan jadian dengan Ria Ricis ini juga berhasil masuk 10 YouTuber dengan subcriber terbanyak.
Sulung yang punya 10 adik ini berhasil ngumpulin 2.332.642 subscriber. Hebat, bukan?
Dengan kondisi itu, tentu saja pemasukan Atta dari YouTube juga besar, dong?
(Baca juga:Meski Tidak Punya Kaki, Model Cantik Ini Raup Penghasilan Hingga Rp15 Juta per Hari)
Salah satu cara menghitung pemasukan YouTuber lewat iklan yaitu melalui Cost Per Mille (CPM).
Sistem ini berlaku kalau Anda mengaktifkan fitur "Monetizing Options".
Artinya, nilai iklan yang dipasang di video itu akan dibayar per 1.000 kali view.
Di Indonesia, pengiklan akan membayar 1 dolar AS untuk setiap 1.000 view iklan di video yang di-upload.
Kasarannya, nih, video Atta nge-prank cewek di carwash sekarang udah mencapai 5,614,207 views.
Jika dikali 1 dolar AS (Rp13.750) per 1.000 kali ditonton, penghasilan Atta lewat video itu sekitar Rp77.195.366!
Itu baru video prank, belum daily life vlog dan videonya yang lain yang ditonton rata-rata 2,7 views.
Paling enggak ia dapat 37 juta rupiah.
Sejauh ini, vlogger yang punya bisnis fashion ini sudah membikin 237 video.
Coba kita hitung, 37 juta dikali 237 video. Paling tidak, ia sudah mengantongi Rp8,7 milliar. Penghasilannnya, ternyata bisa lebih besar dari Presiden!
Penghasilan itu belum termasuk Biaya Per Klik Iklan atau (BPK).
(Baca juga:Pascaheboh Video Korban Bunuh Diri di Hutan Aokigahara Jepang, Ini 'Hukuman' Youtube kepada Logan Paul)
Bisa dibilang ini penghasilan terbesar buat YouTuber.
Biaya per klik iklan ini berkisar antara 0,5 dolar AS – 2 dolar AS. Coba bayangkan, jika 237 video itu iklannya di klik semua. Let's say, 0,5 dolar AS itu setara dengan Rp7.500, tingal kita total saja…
Video yang jumlah 237 itu iklannya diklik semua. Berarti penghasilannya lewat YouTube sekitar 1,7 juta rupiah.
Dan itu cuma satu orang yang mengklik. Hitung saja kalau semua viewers-nya mengklik iklan di video Atta.
Lepas dari itu, sebenarnya Atta udah tajir melintir sebelum jadi Youtuber.
Di usianya yang ke-13, ia sempat berbisnis handphone. Sampai ia punya konter handphone sendiri.
Hasilnya, dalam satu bulan, pemilik brand AHHA ini mengantongi omzet sampai Rp1 miliar. Benar-benar berjiwa pedagang!
Dilihat dari penghasilannya, Atta saat ini menjadi salah satu YouTuber tersukses di Indonesia.
Kontennya yang lucu, ringan dan related dengan kehidupan anak-anak dan remaja Indonesia bisa jadi kunci sukses vlogger yang juga pengusaha ini.
Selain itu, konten cowok berusia 24 tahun ini memang yang menyasar anak-anak dan remaja SMP sekaligus SMA yang adalah pengguna aktif internet.
Sukses sebagai vlogger, cowok yang mengaku menggilai Real Madrid ini juga punya fanbase yaitu A-Team.
Kebanyakan mereka yang tergabung dalam A-Team adalah anak-anak dan remaja SMP.
(Baca juga:Menghitung Jarak Halilintar dari Posisi Kita)
Kabarnya, A-Team punya kekuatan tersendiri. Mereka yang tergabung dalam A-Team pernah digosipkan bisa suspend akun YouTube mana pun yang mereka mau.
Hmmm, soal hal ini, Atta belum pernah memberi keterangan lebih lanjut. Semoga aja, itu cuma gosip belaka.
Lahir dari keluarga pengusaha, juga bikin Atta punya bakat dagang.
Makanya enggak heran di umur yang ke-13, penghasilannya bisa mengalahkan orang yang udah sekolah ke Amerika dan punya gelar S3.
Sebenarnya Atta enggak pernah berpikir menjadi seroang YouTuber. Sejak kecil, ia hanya bercita menjadi pedagang.
Tapi gara-gara kenalan dengan internet, pikirannya soal dagang jadi berkembang. Dan lewat YouTube juga, outlet fashion dagangannya menjadi semakin laris.
(Artikel ini sebelumnya tayang di Hai.grid.id, baca selengkapnya di sini)