Advertorial
Intisari-Online.com - Siapa sangka berbekal ide dan kreatifitas, Marissa, seorang warga asal Bandung kini mampu meraih penghasilan lebih dari Rp100 juta tiap bulannya.
Marissa merupakan pengusaha magnet kulkas.
Hanya saja, magnet yang dibuatnya berbeda dari magnet-magnet pada umumnya.
Magnet yang dibuatnya menyerupai makanan, minuman, perlengkapan mandi, botol berbentuk mini.
Seperti bungkus Indomie, Chiki, Pocky, Pepsodent, Molto, Bimoli, dan lain-lain.
(Baca juga: Perkenalkan, Inilah Ali Muharam, Sosok di Balik Makaroni Ngehe yang Beromzet Rp3 Miliar per Bulan)
(Baca juga:Ilmu Kepepet ala Pak Gembus Dengan Omzet Rp14 Miliar Per Bulan)
Saat ditemui Kompas.com di acara Trade Expo Indonesia 2017, Marissa menceritakan sudah menggeluti usaha magnet kulkas ini selama lima tahun.
"Saya kepikiran bikin magnet ini karena unik saja. Saya pernah lihat miniatur kecil-kecil di Thailand, nah kenapa enggak ada produk kita sendiri? Ya sudah akhirnya coba-coba bikin," kata Marissa, Rabu (11/10/2017).
Marissa membuat kreasi magnet handmade ini melalui art print dengan mencetak dan laminasi.
Kesulitannya, dia harus mencocokkan warna magnet yang dibuatnya dengan produk asli.
Selain itu, Marissa juga harus mencari pekerja yang terampil dalam membuat magnet ini.
Pasalnya, jika magnet ini dibuat tidak rapi, hasilnya juga akan acak-acakan.
Awalnya, Marissa membuat sendiri magnet dengan alat ala kadarnya.
Pertama kali, dia magnet dengan bentuk Indomie, susu Ultra, dan Chitato.
Dalam membuat magnet, Marissa memilih produk yang benar-benar dikenal oleh pasar.
"Pas awal, kami produksi sesuai pesanan saja. Kecuali pas pameran mesti banyak bikin stok," kata Marissa.
(Baca juga:Bermodal Uang Saku, Wanita yang Baru Berusia 24 Tahun Ini Raup Rp35 Juta per Bulan dari Bisnis Hijab)
(Baca juga:Orang-orang Jijik, Dong Zhiwen Justru Meraup Omzet Senilai Rp87 Juta per Bulan dari Bisnis Kecoa)
Biasanya, lanjut dia, yang memesan magnetnya adalah perusahaan tengah mencari souvenir untuk acara.
Setelah itu, usahanya semakin berkembang.
Marissa menjajakan produknya dengan mengikuti pameran di Paris Van Java, Bandung.
Ternyata, masyarakat merespon baik produknya.
Setelah membuat magnet, kini Marissa juga membuat gantungan kunci yang menyerupai produk-produk ternama.
"Sekarang saya sudah punya 15 karyawan yang bekerja di bagian penjualan, pengiriman, customer service online, dan produksi. Saya tambah mesin juga," kata Marissa.
Adapun Marissa menjual produknya dengan mengikuti pameran, menjualnya secara online, dan membuka toko di PVJ.
Marissa memberi nama tokonya dengan nama "Ini Kreasi".
Dia menyebut, usaha magnet yang serupa dengan usahanya sudah semakin banyak.
Hanya saja, Marissa memastikan produknya mirip dengan produk asli.
(Baca juga:7 Karakteristik Orang yang Mempunyai Jiwa Bisnis dan Sukses Berbisnis)
(Baca juga:Bob Sadino: Bisnis Itu Dilaksanakan Bukan Didiskusikan!)
Selain itu, produknya juga dibuat rapi dan tidak terlalu kaku.
"Setiap minggu harus ada produk baru, jadi mesti sering ke supermarket. Misalnya, pas ke supermarket, ternyata sambal ABC ganti label, es krim Magnum juga ganti label, ya kami ikut bikin desain baru, asal sudah dikenal luas di masyarakat," kata perempuan kelahiran 17 Mei 1983 tersebut.
Kini produknya juga diminati masyarakat mancanegara.
Meski belum ekspor, namun dia sudah mengirim pesanan ke Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, dan China.
Marissa juga kini bisa memproduksi lebih dari puluhan ribu magnet tiap bulannya.
Produk yang paling banyak dibeli adalah Indomie, Chitato, Ultra, Teh Kotak.
Sedangkan range harga magnet "Ini Kreasi" mulai dari Rp8.000-Rp35.000.
"Omzet per bulan bisa di atas Rp100 juta," kata Marissa.
(Kurnia Sari Aziza)
Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul “Usaha Magnet "Indomie", Penghasilan Marissa Lebih Dari Rp 100 Juta Per Bulan”.