Intisari-online.com - Transmisi otomatis menjadi salah satu teknologi lanjutan dari sebuah sistem transmisi mobil untuk menunjang kenyamanan berkendara.
Salah satu perdebatan yang masih banyak dibicarakan adalah posisi tuas transmisi otomatis harus di D atau N saat berhenti di lampu merah.
Hal ini disebabkan media sosial belakangan ramai mengenai posisi tuas transmisi otomatis jenis AT atau CVT saat berhenti di lampu merah atau dalam kondisi macet.
Bagaimana sebaiknya posisi tuas transmisi matik saat sedang berada di lampu merah, D atau N?
"Baik di D atau N sebenarnya tidak ada dampak secara signifikan yang memengaruhi keseluruhan kinerja transmisi otomatis," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic dilansir dari GridOto.com.
Saat rem ditekan dalam posisi transmisi siap jalan (D, 3, 2, L, S, atau M), laju roda dan as roda akan tertahan yang juga menahan gerak kopling (clutch) planetary gear di dalam gearbox setelah bagian torque converter.
Planetary gear yang tertahan juga menghentikan putaran input shaft yang menyatu dengan turbin di dalam torque converter sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi dan roda.
Torque converter sendiri memiliki bentuk bulat, dan terpasang di bagian depan gearbox matic, dekat dengan mesin.
Penulis | : | Maymunah Nasution |
Editor | : | Maymunah Nasution |
KOMENTAR