Find Us On Social Media :

CSAR: Misi Penuh 'Gaya' Demi Selamatkan Personil yang Nilainya Jauh Lebih Mahal dari Senjata Termahal Sekalipun

By Ade Sulaeman, Kamis, 11 Oktober 2018 | 13:45 WIB

Intisari-Online.com - Tak salah jika awam kerap mengasosiasikan pasukan khusus dengan kontrateror. Padahal pasukan khusus tak melulu berhadapan dengan teroris. Tak semuanya berurusan dengan ranah terorisme.

--

Ulasan kali ini secara tidak langsung menjawab request beberapa pembaca Commando perihal diangkatnya profil pasukan khusus yang melakoni misi penting dan tak kalah berbahaya dibanding menghadapi teroris, yaitu misi CSAR.

Misi pencarian dan penyelamatan personel di medan tempur atau lazim dikenal SAR Tempur atau CSAR/Combat SAR (Search And Rescue) merupakan misi yang penuh tantangan dan kerap menghadapi bahaya tak kecil.

Baca Juga : HUT TNI: Ini 6 Pasukan Khusus TNI dengan Kemampuan Tempur di Atas Rata-rata

Di kalangan militer, penyelamatan personel tergolong prioritas tinggi karena nilai sumber daya manusia tidaklah terukur. Bukan berarti peralatan tidak penting. Bagaimanapun, alutsista yang jatuh atau rusak terdampar di medan tempur tetaplah bisa diganti dengan yang baru.

Kalaupun dalam alutsista bersangkutan terdapat peralatan dengan teknologi sensitif atau rahasia, ada solusi cepat yaitu melakukan demolisi atau bahkan membom reruntuhannya dari udara sehingga hancur.

Beda dengan personelnya. Mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tempur tidaklah mudah. Selain biaya pendidikan personel mahal, proses pencetakannya mulai dari taruna militer hingga jadi personel siap tempur pun makan waktu.

Baca Juga : Laiknya Superman, Pasukan Khusus TNI Juga Punya Kemampuan Super tapi Hanya Digunakan dalam Waktu Singkat

Apalagi mencari dan menjaring bibit-bibit muda yang terbilang sulit. Kesimpulannya, sumber daya manusia yang ada tentulah wajib dijaga baik-baik.

Misi CSAR merupakan pengejawantahan pemeliharaan sumber daya manusia yang tak ternilai tersebut. Tak banyak negara yang memiliki dan mampu memelihara kapabilitas CSAR kredibel.

Selain AS yang terkenal dengan unit-unit khusus CSAR, Perancis juga memiliki unit khusus yang didedikasikan untuk misi-misi CSAR, yang dalam terminologi Perancis dikenal dengan RESCo (Recherche et Sauvetage au Combat).

Sebelum melangkah lebih jauh, ada satu benang merah misi RESCo di mana eksekusi misi umumnya dilakukan oleh dua lakon beda matra yaitu unit pasukan khusus dan unit skadron heli khusus.