Find Us On Social Media :

Hujan Es dan Badai di Bandung: Hujan Es Merupakan 1 dari 7 Peristiwa Cuaca yang Spektakuler

By Ade Sulaeman, Kamis, 20 April 2017 | 16:30 WIB

Hujan es

Intisari-Online.com - Rabu (19/4/2017), hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi di Bandung.

Bahkan prakirawan BMKG Bandung, Neneng Sugianto menerima laporan terjadi hujan es di Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, dan Cihampelas seperti dilansir kompas.com.

Ukuran es jatuh bervariasi. Mulai dari butiran sampai sebesar kelereng.

Sebenarnya, hujan es merupakan salah satu dari 7 peristiwa cuaca yang spektakuler.

Peristiwa cuaca ini dikarenakan atmosfer Bumi digerakkan oleh pemanasan dari Matahari namun pola energi panas yang diterima tidak merata.

Nah, berikut 7 peristiwa cuaca yang spektakuler dan penyebabnya seperti dilansir iflscience.com.

1. Aliran Jet adalah fenomena yang disebabkan hembusan angin berkekuatan 100 km/ jam dan baru bisa terjadi dalam kondisi cuaca ekstrim.

Fenomena ini pernah terlihat di atas Hebrida Luar pada bulan Desember 1967.

Aliran jet yang paling mempengaruhi cuaca Bumi adalah aliran jet polar utara. Kehadirannya bisa membuat cuaca di seluruh dunia bermasalah dan menyebabkan serangkaian banjir dan badai.

2. Siklon tropis atau lebih dikenal angin topan Amerika dan topan di Timur adalah peristiwa cuaca yang sangat merusak garis lintang.

Siklon tropis terbentuk di atas lautan yang sangat hangat dan biasanya terjadi pada akhir musim panas dan musim gugur di setiap belahan Bumi.

Kecepatan anginnya mencapai lebih dari 200 km per jam. Hal ini bisa membuat banjir, tingginya permukaan laut, dan curah hujan yang kuat.