Find Us On Social Media :

Sering Bikin Turis Keseleo Lidah, India Ingin Ubah Seluruh Nama Bandaranya

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 14 Februari 2017 | 19:02 WIB

Seluruh bandara di India direncanakan akan diubah namanya

Intisari-Online.com - Jawab dengan cepat: di kota manakah Anda berada jika turun di Bandara Internasional Lokpriya Gopinath Bordoloi? Atau apa nama kota tempat Bandara Rajmata Vijaya Raja Scindia berada?

Memang ada beberapa nama bandara di India yang dinamai dari tokoh yang sudah terkenal macam Indira Gandhi untuk bandara internasional di New Delhi. Tapi ada juga yang diberi nama, jangkankan mengetahuinya, mengeja namanya saja sulit. Selain dua nama bandara yang sudah disebut di atas, yang masing-masing terletak di Assam dan Madhya Pradesh), ada lagi Chhatrapati Shivaji International Airport yang terletak di Mumbai. Nama itu diambil dari salah seorang raja Kerajaan Maratha di abad 16.

(50 Orang di Jerman Tiba-tiba Terserang Zat Beracun Misterius dari Sistem Pendingin Bandara)

Kerajaan Maratha (juga ditransliterasi sebagai Mahratta) atau Konfederasi Maratha merupakan negara Hindu yang terletak di India modern. Kerajaan ini berdiri dari tahun 1674 hingga 1818. Pada puncak kejayaannya, teritori kemaharajaan ini meliputi sebagian besar Asia Selatan.

Mengingat nama-nama bandara di India bukan saja pekerjaan yang sulit, tapi menantang. Nama-nama tersebut dianggap telah membingungkan ratusan ribu orang yang terbang ke India setiap harinya.

Menyadarai persoalan ini, tampaknya Pemerintah India tengah mempertimbangkan untuk melakukan pembetulan. Ah, bukan pembetulan, melainkan mengubah nama-nama itu supaya lebih diingat pendatang. Menurut proposal yang sedang digodong, nama-nama bandara itu akan disesuaikan dengan kota di mana bandara itu berada.

Seperti disinggung di awal, pergantian nama itu, ditujukan untuk memberikan kenyamanan penyebutan bagi para wisatawan asing dan penumpang yang mungkin tidak akrab dengan nama-nama dan tokoh politik lokal di India.

Tak hanya itu, pemerintah juga mempertimbangkan untuk mengubah nama-nama terminal yang ada di dalam bandara sesuai dengan nama-nama gubernur yang pernah menjabat di negara-negara bagian tempat bandara itu berada.

Dan jika usulan itu benar-benar terealisasi, maka akan muncul bandara-bandara dengan nama Guwahati (di timur laut negara bagian Assam) dan Gwalior (sebuah kota di Madhaya Pradesh). Bagaimana, lebih gampang diingat atau sama saja?