Find Us On Social Media :

Hal-Hal yang Harus Dihindari Sehabis Makan

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 19 Januari 2017 | 11:30 WIB

Manakah yang Benar Makan dengan Cepat atau Makan dengan Lambat?

Intisari-Online.com - Tanpa disadari kita sering kali melakukan hal-hal yang harus dihindari sehabis makan, sepert merokok, berjalan, olahraga, dan sebagainya. Padahal, kebiasaan itu dapat menghambat kerja organ pencernaan dan mengancam kesehatan. Nah, berikut ini adalah kebiasaan yang tak boleh dilakukan sehabis makan dan alasannya:

(Langsung Menggosok Gigi Setelah Makan dapat Memicu Korosi Gigi)

1. Berjalan

Berjalan sehabis makan dapat mengakibatkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Organ pencernaan bekerja lebih keras dan sulit menyerap nutrisi makanan yang disantap. Oleh karena itu, Anda dapat berjalan sekitar 10- 30 menit sehabis makan demi mencegah refluks asam, gangguan perut, dan mendapat tidur lebih cepat serta lebih nyenyak.

2. Merokok

Kandungan karsinogen, yakni zat yang menyebabkan kanker dan nikotin dalam rokok dapat mengganggu sistem pencernaan. Ditambah lagi, sirkulasi darah setelah makan meningkat drastis, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada otot usus besar, paru-paru, ginjal, dan sakit maag.

(Olahraga Setelah Makan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung)

3. Tidur

Tidur sehabis makan dapat menghambat makanan masuk ke dalam organ pencernaan, sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Selain itu, tidur sehabis makan juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebaiknya, tidur dilakukan setelah dua jam sehabis makan.

4. Minum Teh

Teh mengandung polifenol dan tannin, yang dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi. Sebaiknya, mengonsumsi teh satu jam setelah makan.

(Ternyata, Kita Sering Makan Lebih Banyak dari yang Kita Sadari)

5. Makan buah Dapat mengganggu sistem pencernaan dan merusak sisa makanan di perut. Sebaiknya, satu jam setelah makan atau sebelum makan.