Find Us On Social Media :

Benarkah Olahraga Tidak Bantu Menurunkan Berat Badan?

By Agus Surono, Jumat, 16 Desember 2016 | 17:21 WIB

Hindari Kebiasaan Buruk Olahraga dan Diet Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Menurunkan berat badan menjadi persoalan global saat ini. Soalnya, menurut Lancet, jumlah orang di dunia yang dikategorikan kelebihan berat badan telah melampaui 2,1 miliar, atau naik 875 juta dari 1980.

Faktanya, tidak ada satu pun negara yang sukses mengatasi masalah itu.  AS, Cina dan Rusia memiliki tingkat obesitas tertinggi dan Inggris merupakan negara dengan angka obesitas tertinggi di Eropa Barat, menurut studi yang melibatkan 188 negara itu.

Para pakar mengatakan peningkatan ini disebabkan "modernisasi dunia kita", yang mengakibatkan "tidak adanya aktivitas fisik di semua tingkat."

Secara logika, menurunkan berat badan amat mudah sebab tinggal mengatur kalori yang kita bakar harus lebih besar dari yang kita asup. Salah satu cara membakar kalori adalah olahraga. Namun, beberapa orang mengakui bahwa olahraga bukanlah cara efektif untuk menurunkan berat badan. Soalnya, membuat mereka lapar sehingga makan lebih banyak dari yang mereka bakar.

Apakah olahraga benar-benar tidak bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan? Mari kita lihat buktinya.

(4 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mengatasi Patah Hati)

Olahraga memiliki keuntungan kesehatan

Olahraga jelas baik untuk kesehatan kita. Aktivitas ini dapat menurunkan risiko terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan beberapa kanker. Pada kenyataannya, orang yang rutin olahraga memiliki risiko yang lebih rendah lebih dari 50 persen terkena penyakit-penyakit tadi.

Olahraga juga bagus untuk kesehatan mental, dan bisa membantu untuk mengelola stress dan istirahat kita.

Nah, pikirkan hal itu terlepas apakah olahraga yang kita lakukan bisa menguruskan atau malah menggendutkan kita.

Bonusnya, lemak lenyap

Olahraga selalu disarankan untuk menurunkan berat badan, padahal seharusnya orang mengaitkannya dengan menghilangkan lemak. Jika kita mengurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan, tanpa olahraga, kita mungkin akan kehilangan otot dan juga lemak. Bahkan sudah diperkirakan bahwa ketika orang menurunkan berat badan, sekitar seperempat berat yang hilang adalah otot.