Find Us On Social Media :

Inilah Buah Dan Sayuran Yang Efektif Menangkal Flu, Sudah Murah Alami Pula!

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 14 Desember 2017 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com – Sebelum terkena flu, biasanya Anda melakukan serangkaian pencegahan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya melalui makanan. Beberapa makanan bisa menjadi benteng pertahanan terhadap serangan virus flu.

Virus influenza biasanya merangsang lendir yang berlebihan, sehingga merasa tidak nyaman karena menghalangi pernapasan kita. Supaya batuk tidak semakin memburuk, hindari makanan yang bisa menghasilkan lendir.

Misalnya, susu dan produk turunannya seperti es krim, yoghurt, dan keju. Makanan lain yang juga dapat meningkatkan produksi lendir adalah telur, makanan yang digoreng, daging merah, serta makanan yang mengandung gula atau garam berlebihan.

Sebaliknya, ada makanan tertentu yang bisa mengatasi batuk, sakit tenggorokan, atau hidung meler. Apa pun jenis makanannya, umumnya kaya akan vitamin yang berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan, buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang bisa digunakan ketika Anda batuk atau flu, yang dimuat pada Health Tips.

1.  Aprikot

Aprikot kaya akan betakaroten. Beta karoten adalah vitamin yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang bisa melindungi dari infeksi. Juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Brokoli

Nutrisi yang terkandung dalam brokoli meningkatkan imunitas tubuh. Masukkan brokoli dalam makanan sehari-hari yang sangaat bermanfaat bagi kesehatan. Brokoli juga kaya vitamin C yang melindungi tubuh dari infeksi flu dan virus. Brokoli juga mengandung betakaroten yang berperan dalam pencegahan penyakit. Sayuran berwarna hijau tua merupakan zat besi yang baik. Zat besi dibutuhkan untuk mendukung produksi sel darah putih dan antibodi.

3. Kubis

Kubis, baik yang hijau atau merah, kaya akan antioksidan, betakaroten, vitamin C dan vitamin E. Komponen zat gizi tersebut membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Wortel