Find Us On Social Media :

Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Rasul Terakhir Umat Islam

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 15 September 2024 | 08:51 WIB

Itulah artikel tentang sejarah Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, rasul terakhir umat Islam. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Artikel ini tentang sejarah Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, rasul terakhir umat Islam. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Senin, 16 September 2024, umat Islam di seluruh dunia akan memperingati hari lahirnya manusia paling mulia dalam khasanah Islam. Inilah sejarah Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, rasul terakhir umat Islam.

Mengutip Kompas.com, Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 52 tahun sebelum Hijriah (571 Masehi). Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah untuk menuntun umat di dunia.

Hari kelahiran Sang Nabi atau yang biasa dikenal sebagai Maulid Nabi diperingati oleh umat Islam di Indonesia dengan beragam tradisi dan perayaan. Perayaan maulid Nabi bertujuan untuk mengingat kembali sejarah Nabi Muhammad dan meneladani akhlak mulia Rasulullah. Berikut ini kisah kelahiran Nabi Muhammad.

Baca Juga: Terinspirasi Hijrah Nabi Muhammad, Ternyata Ini Alasan Tradisi Mubeng Beteng Maujud

Ada beberapa pendapat terkait tanggal, bulan, dan tahun lahir Nabi Muhammad. Pendapat yang paling populer dan banyak diyakini, Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal pada tahun Gajah. Disebut tahun Gajah karena peristiwa kelahiran Nabi Muhammad bertepatan dengan serangan tentara bergajah pimpinan Raja Abraha yang hendak menghancurkan Kakbah di Mekkah.

Dalam kalender Masehi, Nabi Muhammad lahir pada hari Senin tanggal 22 April 571 Masehi. Nabi Muhammad merupakan keturunan Bani Hasyim, salah satu klan dalam Suku Quraisy yang dihormati. Nabi Muhammad adalah putra Abdullah bin Abdul Muthatlib dan Aminah binti Wahb.

Jika dihitung mundur sembilan bulan dar kelahiran Nabi Muhammad, Siti Aminah mulai mengandung pada bulan Rajab. Sebagaimana dilansir NU Online, dalam kitab Anwarul Muhammadiyah yang ditulis oleh Syekh Yusuf bin Ismail An Nabhani, dijelaskan bahwa Allah SWT menitipkan ruh Nabi Muhammad dalam kandungan Siti Aminah pada malam Jumat di bulan Rajab.

Pada usia kandungan enam bulan, Abdullah wafat karena sakit dalam perjalanan dagangnya ke Syam (Suriah). Menjelang lahirnya Nabi Muhammad, diriwayatkan bahwa cahaya memenuhi rumah Siti Aminah. Siti Aminah menangis karena tidak ada orang yang menemani dirinya dan membantunya melahirkan.