Find Us On Social Media :

Cukup Kumur Dengan Bahan Dapur Ini Begini Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Efektif

By Afif Khoirul M, Jumat, 3 Mei 2024 | 13:15 WIB

Ilustrasi - Berikut ini adalah beberapa contoh, untuk cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan efektif cuma modal bahan dapur ini.

Intisari-online.com - Sariawan, atau yang dikenal dengan stomatitis aphtosa, merupakan luka kecil yang tidak menular pada mulut yang dapat menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman.

Luka ini umumnya berwarna putih kekuningan dengan tepi merah dan dapat muncul di berbagai bagian mulut, seperti lidah, pipi, bibir bagian dalam, dan gusi.

Meskipun sariawan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu, rasa perih dan tidak nyaman yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan efektif:

Pengobatan Alami:

Berkumur dengan air garam: Garam memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik-1 menit, beberapa kali sehari.

Kompres dengan es batu: Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sariawan.

Bungkus es batu dengan kain bersih dan kompreskan pada area yang terkena sariawan selama 10-15 menit, beberapa kali sehari.

Madu: Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Oleskan madu murni langsung pada sariawan beberapa kali sehari.

Baca Juga: Cara Terakhir Yang Bisa Dilakukan Oleh Negara Yang Bersengketa Batas Wilayah Adalah Dengan Begini

Minyak kelapa: Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Oleskan minyak kelapa murni pada sariawan beberapa kali sehari.

Yogurt: Yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu melawan bakteri jahat di mulut dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.