Find Us On Social Media :

Apa yang Dimaksud dengan Sejarah Sebagai Peristiwa? Ini Penjelasannya

By Ade S, Selasa, 3 Oktober 2023 | 12:03 WIB

Bung Tomo yang menjadi tokoh penting dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945. Sejarah sebagai peristiwa adalah salah satu aspek sejarah yang penting. Artikel ini akan jelaskan apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai peristiwa.

Intisari-Online.com - Sejarah memiliki tiga aspek utama, yaitu sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah, dan sejarah sebagai ilmu.

Pada artikel ini, kita akan fokus pada aspek pertama, yaitu sejarah sebagai peristiwa.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai peristiwa, apa ciri-cirinya, dan mengapa penting untuk dipelajari.

Pengertian Sejarah

Dilansir dari Adjar.ID, Sejarah adalah bidang ilmu yang mengkaji tentang kehidupan manusia secara individual maupun kolektif dalam kerangka ruang dan waktu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah atau ilmu sejarah adalah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau.

Secara umum, sejarah terbagi menjadi tiga, yaitu sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah, dan sejarah sebagai ilmu.

Pada kesempatan ini kita akan membahas makna sejarah sebagai peristiwa.

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa

Sebagai peristiwa, sejarah adalah sebuah fakta yang terjadi di masa lalu yang merupakan kejadian nyata dan benar-benar terjadi pada masa tertentu.

Baca Juga: Runtuhnya Kerajaan Majapahit Disebabkan oleh Peristiwa Apa Saja?