Find Us On Social Media :

Kehidupan Sosial Kerajaan Mataram Kuno, Terbagi dalam 4 Kasta

By Ade S, Senin, 24 Juli 2023 | 08:03 WIB

Relief Karmawibhangga pada Candi Borobudur. Simak ulasan tentang kehidupan sosial Kerajaan Mataram Kuno yang terbagi dalam empat kasta, serta stratifikasi sosial yang kompleks.

Intisari-Online.com - Kerajaan Mataram Kuno adalah salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Nusantara.

Kerajaan ini berdiri sejak abad ke-8 hingga abad ke-11.

Kehidupan sosial Kerajaan Mataram Kuno sangat menarik untuk dikaji, karena terdapat pembagian golongan masyarakat berdasarkan kasta.

Selain itu, ada juga stratifikasi sosial berdasarkan kedudukan seseorang di dalam masyarakat, baik kedudukan di dalam struktur birokrasi kerajaan maupun berdasarkan kekayaan materi.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang kehidupan sosial Kerajaan Mataram Kuno, mulai dari asal-usul kasta, hubungan raja dengan rakyat, hingga kehidupan di dalam dan di luar tembok kota.

Kehidupan sosial Kerajaan Mataram Kuno

Masyarakat Kerajaan Mataram Kuno terbagi menjadi beberapa golongan berdasarkan kasta, yaitu kasta brahmana, ksatria, waisya, dan sudra.

Selain itu, ada juga stratifikasi sosial berdasarkan posisi seseorang di dalam masyarakat, baik posisi di dalam struktur pemerintahan kerajaan maupun berdasarkan harta benda.

Stratifikasi sosial masyarakat Mataram Kuno juga bersifat rumit dan saling berhubungan.

Sebagai contoh, ada kasta ksatria yang bisa menjabat sebagai pejabat agama di tingkat pusat dan bisa menjadi pertapa yang hidup di sebuah biara.

Baca Juga: Letak Geografis Kerajaan Mataram Kuno, Ada Dua Gegara Letusan Merapi