Find Us On Social Media :

Tak Terjebak Nafsu Duniawi, Pangeran Benowo Relakan Pajang Dikuasai Mataram Islam, Demi Agama?

By Ade S, Selasa, 25 April 2023 | 09:03 WIB

Makam Pangeran Benowo, Sosok yang rela kerajaan dikuasai Mataram Islam demi sebarkan agama.

Intisari-Online.com - Pangeran Benowo adalah putra dari Sultan Adiwijaya atau Jaka Tingkir, pendiri Kesultanan Pajang yang berkuasa pada tahun 1568-1583 Masehi.

Ia lahir dari pernikahan Sultan Adiwijaya dengan Ratu Mas Cempaka, putri dari Sultan Trenggana, Raja Demak periode 1521-1546 Masehi.

Pangeran Benowo dikenal sebagai sosok yang tidak gila kekuasaan dan lebih memilih menyebarkan ajaran Islam dan merelakan wilayahnya dikuasai Mataram Islam.

Berikut ini kisahnya.

Latar Belakang

Kesultanan Pajang adalah kerajaan yang didirikan oleh Jaka Tingkir setelah ia berhasil mengalahkan Arya Penangsang, penguasa Jipang Panolan yang merupakan musuh utama Demak.

Jaka Tingkir sendiri adalah menantu dari Sultan Trenggana dan ayah angkat dari Sutawijaya, yang kelak menjadi pendiri Kesultanan Mataram.

Kesultanan Pajang berpusat di daerah yang sekarang menjadi wilayah Solo dan Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pangeran Benowo adalah putra sulung dari Sultan Adiwijaya dan Ratu Mas Cempaka. Ia memiliki saudara kandung bernama Ratu Pembayun dan saudara angkat bernama Sutawijaya.

Sejak kecil, Pangeran Benowo dekat dengan Sutawijaya dan menganggapnya sebagai kakaknya. Pangeran Benowo juga dikenal sebagai ahli tasawuf dan tidak terlalu tertarik dengan urusan politik dan kekuasaan.

Baca Juga: Hidup Bak Don Juan, Raja Mataram Islam Ini Tega Rebut Istri Orang Meski Sedang Hamil, Suaminya Berakhir Tragis