Find Us On Social Media :

Terinspirasi Napoleon Bonaparte, Putra Pangeran Sambernyawa Bentuk Legiun Mangkunegaran Yang Mengerikan

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 1 April 2023 | 10:17 WIB

Lagiun Mangkunegaraan dibentuk oleh Mangkunegara II dengan mewarisi semangat kemiliteran Pangeran Sambernyawa alias Mangkunegara I.

Lagiun Mangkunegaraan dibentuk oleh Mangkunegara II dengan mewarisi semangat kemiliteran Pangeran Sambernyawa alias Mangkunegara I.

Intisari-Online.com - Salah satu terobosan hebat yang dilakukan Mangkunegara II adalah membentuk Legiun Mangkunegaran.

Kabarnya, pembentukan ini tak lepas dari tradisi kemiliteran yang diletakkan oleh Pangeran Sambernyawa alias Mangkunegara I.

Apa hebatnya satuan militer ini?

Kabarnya, Legiun Mangkunegaran merupakan salah satu kesatuan militer terbaik dan termodern di Asia pada awal abad ke-19.

Pasukan ini dibentuk oleh Mangkunegara II, penguasa Praja Mangkunegaran, pada tahun 1808 dengan mengadopsi model militer Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte.

Seperti disebut di awal, Legiun Mangkunegaran merupakan kelanjutan dari tradisi kemiliteran yang dimulai oleh pendiri Praja Mangkunegaran, yaitu Mangkunegara I atau Pangeran Sambernyawa.

Pangeran Sambernyawa adalah seorang pemberontak yang melawan kekuasaan Mataram dan VOC pada abad ke-18.

Dia berhasil mempertahankan wilayahnya di Surakarta dengan bantuan pasukan gerilya yang terdiri atas 12 kesatuan berpengalaman, 22 unit infanteri, kavaleri, dan artileri.

Mangkunegara II, putra Pangeran Sambernyawa, mewarisi pasukan gerilya tersebut dan mengembangkannya menjadi Legiun Mangkunegaran.

Pembentukan Legiun Mangkunegaran dipengaruhi oleh situasi politik global pada masa itu, yaitu Perang Napoleon yang melibatkan Prancis dan sekutunya melawan Inggris dan musuh-musuhnya.

Perang ini juga berdampak pada Hindia Belanda, yang saat itu dikuasai oleh Prancis melalui Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.