Find Us On Social Media :

Terungkap, Ini Fakta Tersembunyi dari Hubungan Kesultanan Ottoman dan Indonesia

By Ade S, Senin, 27 Maret 2023 | 08:43 WIB

Masjid Hagia Sophia. Salah satu simbol dari Kesultanan Ottoman.

Intisari-Online.com - Kesultanan Ottoman atau Utsmaniyah adalah salah satu kekaisaran terbesar dan terkuat dalam sejarah dunia.

Berdiri pada tahun 1299 di Anatolia, kekaisaran ini berhasil menguasai wilayah yang meliputi Asia Barat, Afrika Utara, Eropa Tenggara, dan Kaukasus.

Selama lebih dari 600 tahun, Kesultanan Ottoman menjadi pusat peradaban Islam dan berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan politik.

Namun, apa yang mungkin tidak banyak diketahui adalah hubungan antara Kesultanan Ottoman dan Indonesia.

Meskipun dipisahkan oleh jarak geografis yang terbilang jauh, pengaruh dan kehadiran Kesultanan Ottoman juga mencapai wilayah kepulauan Nusantara.

Dalam catatan sejarah, Kesultanan Ottoman dilaporkan membantu para pejuang Indonesia melawan penjajahan bangsa-bangsa Eropa, mulai dari Portugis sampai Belanda.

Selain itu, ada juga jejak-jejak budaya dan sosial yang menunjukkan adanya kontak dan pertukaran antara kedua belah pihak.

Artikel ini akan mengungkap beberapa fakta tersembunyi tentang hubungan Kesultanan Ottoman dan Indonesia yang mungkin belum banyak diketahui.

Kerjasama Militer dan Diplomatik

Salah satu fakta yang paling menarik tentang hubungan Kesultanan Ottoman dan Indonesia adalah kerjasama militer dan diplomatik yang terjalin antara keduanya.

Baca Juga: Raja Gila Wanita, Ibrahim Sultan Ottoman Punya Ratusan Selir dan Suka Menculik Putri Cantik