Find Us On Social Media :

Apa Arti Kedaulatan Bagi NKRI? Simak Berikut Ini Penjelasannya

By Khaerunisa, Kamis, 12 Januari 2023 | 19:15 WIB

Peta Indonesia. Apa Arti Kedaulatan Bagi NKRI?

Intisari-Online.com - Apa arti kedaulatan bagi NKRI? Berikut ini penjelasannya.

Pertanyaan "Apa arti kedaulatan bagi NKRI?" terdapat pada halaman 180 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X.

Kedaulatan diartikan sebagai kekuasaan tertinggi yang dimiliki atas seluruh wilayah yang ada dalam suatu negara.

Memiliki kekuasaan tertinggi berarti negara harus dapat menentukan kehendaknya sendiri serta mampu melaksanakannya.

Kehendak Negara tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk hukum.

Kedaulatan pun artinya kekuasaan penuh untuk mengatur segala hal yang ada dalam wilayah negara tanpa campur tangan negara lain.

Kedaulatan sudah ada sejak dahulu, di mana pada zaman dahulu rajalah yang paling berkuasa dan punya kekuasaan tertinggi.

Selain kedaulatan raja, ada berbagai jenis kedaulatan, di antaranya kedaulatan Tuhan, kedaulatan negara, kedaulatan hukum, dan kedaulatan rakyat.

Negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat. Landasan hukum negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat ditegaskan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

1. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat yaitu ”….maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat ….”

2. Pasal 1 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menegaskan ”Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang Undang Dasar”.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Agar Pancasila Bisa Menjadi Pegangan untuk Berkolaborasi dengan Tradisi atau Budaya dari Bangsa Lain?