Find Us On Social Media :

Ritual ‘Tarik Pita’ Saat Potong Kue Pengantin, Salah Satu Tradisi Pernikahan Argentina

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 Desember 2022 | 18:30 WIB

Tradisi pernikahan Argentina.

Intisari-Online.comArgentina adalah negara besar dengan warisan campuran, pengaruh, dan beberapa adat istiadat yang hidup dan beragam.

Salah satu tradisi dominan dalam tradisi pernikahan Argentina adalah aspek ‘buatan tangan dengan cinta’ dari sebagian besar perencanaan.

Di Argentina menjadi tradisi yang sangat praktis karena banyak barang yagn terkait dengan pernikahan sangat mahal di sana, jika pilihan ‘di luar pasa’ atau produksi massal dipilih.

Pasangan dan keluarga mereka sering membuat kerajinan tangan semata-mata karena ini lebih murah, meskipun ada perasaan bahwa suvenir buatan tangan merupakan suvenir yang lebih berarti bagi para tamu.

Seringkali pertunangan terjadi karena pasangan yang sedang jatuh cinta memutuskan ingin menikah, lalu tidak ada lamaran rumit atau dibuat-buat, hanya keputusan sederhana, bersama untuk menghabiskan sisa hidup mereka bersama.

Setelah keputusan dibuat, maka melibatkan keluarga dan teman dalam persiapan menjadi suatu keharusan.

Di Argentina, ibu dari kedua mempelai mengambil peran utama dalam pengaturan pernikahan, meskipun biasanya orangtua mempelai wanita menjadi orang yang membayar sebagian besar biaya pernikahan.

Kadang-kadang ayah seorang gadis diminta untuk menikahkannya sebagai rasa hormat, tetapi biasanya langsung ke pengaturan.

Cincin pertunangan biasanya bukan bagian dari kesepakatan, meskipun pasangan dapat bertukar cincin kawin, yang mereka kenakan di tangan kanan sampai hari pernikahan, ketika cincin itu ditukar ke tangan kiri.

Seperti halnya kepercayaan dan adat istiadat dari budaya Latin lainnya, maka sangat umum bagi banyak kerabat pasangan untuk menjadi peserta aktif dalam tradisi pernikahan Argentina.

Semua orang senang terlibat, mulai dari bibi penjahit hingga membuat gaun, juru masak yang luar biasa dalam keluarga yang membuat kue, kerabat dengan keterampilan musik menyediakan musik, hingga relasi di pasar bunga di Buenos Aires  untuk membeli bunga yang diubah menjadi buket, korsase, yang menjadi bagian hari istimewa itu.

Baca Juga: Berganti Pakaian Hingga 7 Kali, Salah Satu Tradisi Pernikahan Maroko