Find Us On Social Media :

Ritual ‘Panggih’ Upacara Perkawinan Adat Yogyakarta Kaesang Pengarep dan Erina Gudono

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:05 WIB

Ritual panggih perkawinan adat Yogyakarta Kaesang Pengarep dan Erina Gudono.

Intisari-Online.com – Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep, dengan kekasihnya, Erina Gudono, dilaksanakan pada Sabtu ini (10/12/2022).

Akad nikah dilaksanakan di Pendopo Agung Hotel Ambarruko, Yogyakarta yang diikuti oleh undangan terbatas dengan khidmat.

Setelah akad nikah selesai dilaksanakan, maka dilakukan ritual ‘panggih’ dalam upacara perkawinan adat Yogyakarta.

Ritual ‘panggih’ dalam adat perkawinan Jawa, terutama adat Yogyakarta, merupakan puncak dari rangkaian upacara adat yang mendahuluinya.

Lalu, bagaimana langkah-langkah ritual ‘panggih’ secara adat Yogyakarta tersebut?

Berikut ini langkah-langkah ritual ‘panggih’ secara adat Yogyakarta, yang dikutip dari Buku Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta, terbitan Gramedia (1993).

1. Pengantin pria yang didampingi pendamping pria dan diikuti oleh para pengiring sampai di tempat upacara. Kedatangan pengantin pria ini disambut dengan gendhing bindri.

Dengan formasi iringan adalah: pembawa sanggan berada paling depan, diikuti oleh pengantin pria yang didampingi oleh dua pendamping pria, kemudian para pengiring.

2. Rombongan pengantin pria berhenti pada tempat yang ditentukan, biasanya di depan tarub, yaitu hiasan janur pada pintu gerbang tempat resepsi.

Pembawa sanggan yang terdiri dari 2 orang ibu, seorang ibu yan didampingi seorang ibu pembawa sanggan, langsung masuk ke dalam.

Sanggan disrahkan kepada ibu pengantin wanita yang telah siap di tempat yang ditentukan.

Baca Juga: ‘Kembar Mayang’, Lepas Masa Lajang dalam Upacara Perkawinan Adat Yogyakarta