Find Us On Social Media :

Inilah Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Hingga Usai Berolahraga

By Ilham Pradipta M., Rabu, 11 Mei 2016 | 11:00 WIB

Inilah Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Hingga Usai Berolahraga

Intisari-Online.com – Apakah Anda telah memilih makanan yang tepat ketika hendak berolahraga? Makanan merupakan bahan bakar yang akan mebantu kita untuk melewati aktivitas tersebut. Melalui makanan yang tepat, latihan fisik dan kinerja tubuh akan berjalan dengan lancar. Terlebih lagi tubuh tetap terasa bugar saat dan usai berolahraga. Lalu apa saja makanan yang tepat itu?

Sebelum berolahragaSelama berolahraga dalam waktu yang lama, glikogen dan glukosa merupakan bahan bakar yang diperlukan oleh tubuh. Penelitian yang ditulis pada Sports Medicine mengatakan, mengonsumsi karbohidrat sebelum latihan dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi karbohidrat ketika ingin berolahraga, lebih menikmati aktivitas tersebut. Sementara itu, mengonsumsi protein juga amat bermanfaat. Ia dapat membangun otot-otot kita. Protein yang dikonsumsi sebelum berolahraga ternyata dapat memasok asam amino pada otot. Hal itulah yang dapat memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan otot. Kita bisa mencoba memakan buah, telur, oatmeal, dan roti gandung panggang dengan selai untuk dijadikan sumber energi.

Selama berolahragaApapun jenis latihan fisik kita, cairan dalah tubuh harus menjadi perhatian utama. Sebaiknya kita meminum sekitar delapan ons air setiap 15 menit berolahraga. Sebenarnya kita juga bisa mengetahui tanda dehidrasi ketika berolahraga. Caranya dengan menimbang berat badan kita. Ketika bobot tubuh turun sebesar dua persen dari jumlah berat badan, itu tandanya tubuh membutuhkan lebih banyak cairan. Nah, ketika ketika berolahraga  lebih dari 90 menit dan masih ingin melanjutkannya, cobalah untuk mengonsumsi beberapa karbohidrat. Terutama bila kita merasakan kurangnya energi dalam tubuh. Kita bisa mengonsumsi 30 sampai 60 gram karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut.

Setelah berolahragaSetelah tubuh mengeluarkan banyak energi, mengonsumsi makanan merupakan ide yang paling baik. Melalui makanan energi yang terbuang dapat tergantikan. Selain itu, makanan juga akan membangun pertumbuhan otot kita. Tapi seberapa banyak kita harus makan, tergantung dengan seberapa lapar tubuh kita. Penelitian dari Central Washington University menunjukkan, susu cokelat dengan perbandingan 4:1 dari karbohidrat dan protein sangat ideal untuk pemulihan otot pasca latihan. Kita juga bisa memilih sandwich kalkun, roti panggang yang dilapisi pisang, kacang, dan sayuran untuk memulihkan kondisi tubuh. Jadi cobalah untuk mengonsumsi protein yang bisa membangun otot, serta lemak sehat yang meningkatkan rasa kenyang. 

(Health.usnews.com/K. Aleisha Fetters)