Find Us On Social Media :

Inilah Seni Tradisional Suku Rabari di India, Seni Sulam yang Jadi Mas Kawin para Wanita

By K. Tatik Wardayati, Senin, 7 November 2022 | 17:15 WIB

Seni sulam indah yang dihasilkan perempuan suku Rabari di India.

Intisari-Online.comRabari, juga disebut sebagai Rewari atau Desai, merupakan kasta suku asli dari ternak modern dan penggembala unta dan gembala yang hidup di seluruh barat laut India.

Mereka terutama hidup di negara bagian Gujarat, Punjab, dan Rajasthan.

Kelompok suku Rabari lainnya juga tinggal di Pakistan, terutama di wilayah Gurun Sindh.

Kata ‘Rabari’ diterjemahkan sebagai ‘orang luar’, deskripsi yang adil tentang pekerjaan dan status utama mereka dalam masyarakat India.

Bergerak terutama melalui wilayah Rajasthan dan Gujarat, mereka kembali ke desa mereka setahun sekali dan mencari nafkah dengan menjual susu.

Di masa lalu mereka sepenuhnya nomaden, lalu sekarang semi-nomaden, berpindah dari desa ke desa sesuai musim.

Saat ini, banyak orang suku Rabari yang meninggalkan gaya hidup nomaden dan menetap di kota-kota.

Asal-usul dari orang-orang Rabari tidak diketahui, namun kemungkinan besar mereka bermigrasi ke India dari Iran melalui Afghanistan melalu Balurchistan sekitar seribu tahun yang lalu.

Meskipun hal itu dibantah oleh beberapa ahli, yang menyarankan hubungan yang lebih kuat dengan Rajput Rajasthan.

Mayoritas orang suku Rabari, mencakup 133 sub yang diakui, mengikuti agama Hindu.

Menurut mitos penciptaan mereka, melansir atlasofhumanity, mereka diciptakan oleh Matadevi (Pavarti), permaisuri Dewa Siwa dan ibu dewi India.

Dalam salah satu versi cerita, dia membersihkan debu dan keringat dari Dewa Siwa saat dia bermeditasi dan membentuk unta dari tanah.

Sementara pada versi lain, dia menciptakan unta pertama untuknya sebagai hiburan.

Namun dia terus melarikan diri, Parvati menciptakan Rabari pertama yang memikirkannya.

Memelihara hewan karena itu dianggap sebagai pekerjaan yang hampir suci oleh Rabari yang melihat diri mereka sebagai penjaga ternak mereka daripada pemiliknya.

Pria suku Rabari bergerak mencari padang rumput untuk ternak-ternak mereka, para wanita dan anak-anak tetap berada di desa-desa.

Perempuan suku Rabari memiliki peran penting dalam bidang ekonomi.

Mereka terutama memelihara ternak, membawa air minum, dan mengumpulkan bahan bakar untuk memasak.

Perempuan suku Rabari juga memiliki peran yang signifikan dalam ranah keagamaan, namun tidak memiliki peran apa pun dalam mekanisme kontrol sosial.

Bordir atau sulam merupakan ekspresi vital, hidup dan berkembang dari tradisi tekstil kerajinan orang suku Rabari.

Perempuan suku Rabari rajin menyulam kain sebagai ekspresi kreativitas, estetika, dan identifas.

Desain seni sulaman diambil dari mitologi dan lingkungan gurun penduduk asli.

Anak perempuan belajar seni menyulam di usia dini, melatih keterampilan baru mereka dengan mengerjakan koleksi barang-barang bersulan yang nantinya akan menjadi mas kawin mereka.

Koleksi sulaman mereka terkadang membutuhkan waktu dua atau tiga tahun untuk diselesaikan.

Secara tradisional Rabari mengikuti cara hidup yang sangat nomaden, tinggal di tenda atau di bawah langit terbuka dan beternak sapi, unta dan kambing.

Perubahan India, membuat toleransi terhadap kelompok-kelompok nomaden, yang mengandalkan hak-hak penggembalaan leluhur dengan cara-cara kuno.

Saat ini hanya sebagian kecil dari suku Rabari yang benar-benar nomaden, dengan mayoritas menetap di pinggiran kota, kota kecil dan desa dalam gaya semi-nomaden, mengikuti hujan musiman untuk jangka waktu tertentu, kemudian kembali ke desa mereka.

Wanita Rabari memperdagangkan susu dan produk susu dari ternak mereka.

Wol dan kulit dijual untuk membeli komoditas yang tidak mereka produksi sendiri.

Kerudung tradisional dibuat dari wol domba sendiri, digaruk dan dipintal sebelum diserahkan kepada penenun.

Penenun memastikan bahwa dia hanya menggunakan wol yang diberikan kepadanya, dan akan meneruskannya ke tukang celup yang akan melakukan jenis pewarnaan tahan.

Setelah kerudung selesai, para wanita mulai menyulam menggunakan berbagai benang berwarna dan cermin dengan potongan kecil.

Suku Rabari juga percaya bahwa mereka adalah anak-anak istimewa Pavarti, dan meminta nasihatnya dalam semua hal penting, misalnya kapan harus memulai migrasi kawanan tahunan.

Tidak mengherankan mengingat ikatan mereka dengan Dewi Ibu, struktur sosial Rabari adalah matriarkal, dengan perempuan melakukan sebagian besar urusan bisnis mereka dan mengelola desa mereka, sementara laki-laki bertanggung jawab atas kawanan hewan yang membentuk satu-satunya aset Rabari yang sebenarnya.

Para perempuan itu pandai dalam seni tradisional menyulam kain.

Mereka menikah dalam komunitas mereka, berbicara bahasa Hindi, Marwari, Haryanvi dan menggunakan aksara Devanagari.

Orang suku Rabari memelihara domba, kambing, dan unta.

Sebagian besar suku Rabari adalah vegetarian sementara beberapa non-vegetarian; makanan sehari-hari mereka terdiri dari roti millet atau gandum dan jowar buatan sendiri.

Mereka menato simbol magis di leher, payudara, dan lengan mereka.

Awalnya hanya unta yang menjadi sumber mata pencaharian mereka, namun, sekarang, mereka memelihara kambing, domba, sapi atau kerbau.

Terkadang, wanita Rabari mengenakan pakaian hitam.

Ada mitos menarik tentang pakaian hitam mereka.

Alkisah, bertahun-tahun yang lalu Jaiselmer, Rajasthan adalah pusat utama suku Rabari.

Suatu ketika, seorang Raja Muslim jatuh cinta dengan seorang gadis muda Rabari, namun, lamarannya ditolak oleh masyarakat.

Raja marah dan mengancam akan membunuh mereka semua.

Orang Rabari karena takut pecah kemah mereka di tengah malam dengan bantuan seorang pria Muslim.

Tapi pria Muslim yang membantu Rabaris untuk melarikan diri mereka dibunuh oleh raja.

Jadi diceritakan bahwa wanita Rabari memakai pakaian hitam sejak saat itu untuk meratapi kematiannya.

Dikatakan juga bahwa kesetiaan pria ini memberikan wawasan kemudahan interaksi antara Rabari Hindu dan Muslim.

Pernikahan, yang merayakan vitalitas hidup dan memastikan kelangsungannya, dianggap sangat penting.

Secara tradisional, pernikahan bisa menjadi acara mewah, dan itu terjadi pada hari tertentu dalam setahun: pesta Gokulashtami, hari ulang tahun Krishna.

Acara ini ditunggu dengan kegembiraan dan sentuhan ketakutan.

Biasanya diwarnai dengan keramahtamahan, namun suku Rabari berubah bermusuhan dan curiga pada Hari Gokulashtami.

Orang luar tidak disukai, dan diberitahu demikian dengan tegas. Perkawinan anak masih sangat populer, namun perkawinan dewasa juga dilakukan melalui negosiasi.

Orang Rabari menikah hanya dalam kelompok dan sering ke dalam keluarga yang terkait erat.

Pernikahan kembali diperbolehkan bagi janda dan duda.

Setelah Gempa Gujarat pada tahun 2001, ikatan lama antara pemilik tanah, penggembala domba, penenun, pencelup dan wanita Rabari mulai rusak.

Banyak orang menjadi tunawisma untuk jangka waktu yang lama dan pembuatan kerudung dikesampingkan.

Pada titik tertentu para tetua memutuskan bahwa praktik menyulam dilarang karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk membuat kerudung dan tidak cukup waktu untuk menghasilkan pendapatan.

Di antara suku Rabari, dalam kasus kematian, mayat dikremasi di samsan (tanah kremasi) terdekat.

Mayat seorang pria ditutupi dengan pakaian hitam.

Putra tertua menyalakan tumpukan kayu dan upacara dilakukan setelah sebelas hari dan masa berkabung berlanjut hingga hari ketiga belas.

Baca Juga: Diasingkan di Hutan Hingga Tiga Tahun, Ritual Pendewasaan Laki-laki Suku Huli Papua Nugini

 Baca Juga: Ritual Mehndi, Upacara yang Tak Terpisahkan dari Tradisi Pernikahan Pengantin India, Percantik Pria dan Wanita Menjelang Hari Bahagia dengan Desain Henna yang Rumit dan Indah

Temukan sisi inspiratif Indonesia dengan mengungkap kembali kejeniusan Nusantara melalui topik histori, biografi dan tradisi yang hadir setiap bulannya melalui majalah Intisari. Cara berlangganan via https://bit.ly/MajalahIntisari