Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Bila Kita Berhenti Mengonsumsi Alkohol

By Ilham Pradipta M., Senin, 15 Agustus 2016 | 12:00 WIB

Ini Dia, Lima Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Bila Kita Berhenti Mengonsumsi Alkohol

Intisari-Online.com – Banyak orang berkata kalau mengonsumsi minuman beralkohol dengan kadar moderat, bukanlah hal yang buruk. Namun, mengurangi asupannya jauh lebih menguntungkan dan membuat tubuh kita semakin sehat. Nah, inilah yang akan terjadi pada tubuh kalau kita berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

1. Berat badan menurunTahukah Anda kalau koktail  bisa membuat asupan kolori kita bertambah? Terlebih lagi koktail buah-buahan juga banyak mengandung gula. Selain itu, hanya dengan satu bir (12 ons) bisa menambah 150 kalori pada tubuh.

Nah, kalau kita mengonsumsinya secara teratur, tentu kalori itu bisa menumpuk tanpa kita sadari. Menurut Wesley Delbridge, RD, juru bicara Academy for Nutrition and Dietetics, alkohol dapat berdampak negatif pada metabolisme kita. Diam-diam minuman ini bisa memperlambat metabolisme kita.

2. Kolestrol menurunPercaya atau tidak, konsumsi alkohol yang berlebih berdampak negatif terhadap kolestrol kita. Di samping itu, kadar alkohol yang berlebih dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Nah, hal sebaliknya juga berlaku. Membatasi asupan alkohol dapat memberikan manfaat bagi kolestrol kita. Sebab, sebuah studi di  University of Rochester Medical Center mengungkapkan, kadar kolestrol LDL (kolestrol buruk) pada sebuah tikus makin meningkat ketika hewan ini mengonsumsi banyak alkohol.

3. Tidur lebih baikBanyak orang berkata kalau alkohol bisa membuat mereka cepat tertidur. “Secara teknis itu benar, tapi mereka tidak tidur dengan pulas atau efektif,” ujar Delbridge.

 Soalnnya, mengonsumsi alkohol sebelum tidur bisa meningkatkan suatu jenis gelombang pada otak. Padahal jenis gelombang ini biasanya akan meningkat dalam kondisi terjaga, bukannya beristirahat atau tidur.

4. Makin berenergiSuasana hati kita tentu akan meningkat ketika tubuh sedang prima. Tak hanya itu saja, konsentrasi, produktivitas dan tingkat energi pun akan berlangusng sepajang hari. Namun, hal ini tak mungkin akan terjadi kalau alkohol yang membuat kepala kita menjadi sakit. Apalagi sampai memabukkan.

5. Latihan fisik lebih efektifKonsumsi alkohol secara teratur bisa merugikan latihan fisik kita. “Tubuh Anda tidak bisa mengambil vitamin dan mineral yang dibutuhkan,” ujar Delbridge. Sebab, tubuh kita  akan sibuk mencerna dan menyerap alkohol yang telah kita minum sejak tadi malam. Alhasil, olahraga pun jadi tak efektif.

(rd.com/Brooke Nelson)