Find Us On Social Media :

Terbuat dari Kayu dengan Plester Berlapis Elemen Emas, Inilah Dua Sosok Penjaga Misterius Makam Tutankhamun yang Besarnya Sesuai Ukuran Aslinya

By K. Tatik Wardayati, Senin, 5 September 2022 | 09:25 WIB

Patung penjaga Tutankhamun yang setinggi aslinya dengan lapisan emas di tubuhnya.

Intisari-Online.com – Kekayaan peradaban Mesir Kuno masih banyak meninggalkan hal misteri yang selalu saja menarik perhatian para arkeolog.

Howard Carter, adalah seorang ahli Mesir Kuno Inggris yang beruntung.

Dia menemukan apa yang tampak seperti dua patung seukuran aslinya pada tahun 1922 di antara sejumlah besar benda berbeda yang dikemas ke dalam ruang depan makam Tutankahmun di Lembah Para Raja.

Dua patung itu mengapit salah satu dinding ruangan, yang tampak seperti pintu tertutup.

Dua patung itu begitu menggelitik para arkeolog ketika pertama kali melihatnya, mewakili pemilik makam,  Firaun Tutankhamun.

Tanpa ragu, para arkeolog pun mengambil kesimpulan bahwa dua sosok patung itu adalah penjaga ruang pemakaman raja, yang tersembunyi di balik dinding tertutup.

Patung-patung itu terbuat dari kayu yang dilapisi plester, dengan plester dicat hitam dan memiliki elemen emas.

Kedua sosok patung itu sangat mirip.

Kedua patung penjaga ruang pemakaman raja  itu digambarkan berdiri dengan kaki kiri di depan, seperti berjalan dalam postur yang biasanya maskulin, dan memegang tongkat papirus di tangna kiri serta tongkat di tangan kanan.

Meskipun keduanya terlihat sangat mirip ketika dilihat pertama kali, namun ada banyak perbedaan mendasar di antara keduanya.

Persamaan dan perbedaan kedua patung penjaga makam Tutankhamun

Sebelum menganalisis perbedaan di antara kedua patung tersebut, inilah beberapa persamaanya.