Find Us On Social Media :

Sejarah Kereta Api Indonesia, Inilah Jalur Kereta Api Pertama yang Dibangun di Indonesia

By Khaerunisa, Minggu, 3 Juli 2022 | 06:00 WIB

Ilustrasi sejarah kereta api Indonesia, KA di Lampung pada 1980-an.

Intisari-Online.com - Seperti apa sejarah kereta api Indonesia, salah satu transportasi yang kini banyak menjadi pilihan favorit masyarakat?

Kereta api merupakan salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia, moda transportasi ini punya sejumlah keunggulan.

Dibanding moda transportasi darat lainnya, kereta api bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Selain itu, tarif kereta api juga cukup terjangkau, khususnya untuk tiket kelas ekonomi.

Kini bisa kita kita nikmati berbagai kelebihannya termasuk kenyamanan dan harga yang terjangkau, rupanya beginilah sejarah kereta api Indonesia.

Kereta sendiri telah menjadi moda transportasi populer sejak abad ke-19.

Merupakan kendaraan yang berjalan di atas jalur rel, untuk pertama kali pembangunan rel kereta api di Indonesia dilaksanakan oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Melansir laman Kemendikbud, pada 17 Juni 1864, Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele melakukan pencangkulan pertama untuk jalur kereta sepanjang 25 kilometer di Pulau Jawa tersebut.

Baca Juga: China Semakin Jauh Meninggalkan Si 'Pelopor Era Kereta Api Supercepat', Kini Pimpin Dunia dengan Kereta Api Paling Cepatnya, Sebanding Pesawat Terbang!

Baca Juga: Jangan Sampai Nyesek Pas Cek Tagihan Listrik di Akhir Bulan, Segera Lakukan 'Tes Koin' Ini di Rumah, 'Rugi Bandar' Kalau Sampai Kecolongan

Peresmian dimulainya pembangunan jalur kereta pertama Indonesia dilakukan di Desa Kemijen.

Jalur kereta tersebut dibangun dalam tiga tahap dengan tahap pertama dari Semarang hingga ke Tanggung, daerah Grobogan.