Find Us On Social Media :

Gara-Gara Jorjoran Kirim Bantuan Senjata Militernya ke Ukraina, Negara Eropa Ini Malah Nyaris Kehabisan Pasokan Senjata Sampai Minta Bantuan Barat Untuk Mendapat Kiriman Senjata

By Afif Khoirul M, Kamis, 16 Juni 2022 | 06:55 WIB

Peran Polandia dalam perang Rusia dan Ukraina.

Intisari-online.com - Bantuan ke Ukraina telah menghabiskan persediaan militer Polandia, menciptakan "celah" yang harus diisi oleh para mitra, kata Presiden Polandia Andrzej Duda.

Polandia, tetangga Ukraina, adalah salah satu pendukung militer terkuat Kiev.

Polandia mentransfer hampir semua senjata ke Ukraina, dari tank, artileri self-propelled, artileri roket hingga helikopter militer.

Barat telah berjanji untuk memberikan kompensasi kepada Polandia dengan aset militer yang setara, tetapi sejauh ini hanya berhenti pada kata-kata.

"Kami berharap celah di gudang senjata kami akan diisi berdasarkan mekanisme dukungan sekutu kami," kata Duda pada pertemuan militer.

Presiden Polandia mengatakan Warsawa telah memasok Kiev dengan ratusan tank, artileri, ratusan ribu butir amunisi, drone dan rudal anti-pesawat.

Menurut Duba, Polandia sendiri telah memberi Ukraina senjata senilai 1,7 miliar dollar AS.

Dan akan memakan waktu bertahun-tahun bagi negara itu untuk membangun dan mengisi kesenjangan dalam persediaannya.

Baca Juga: Terancam dengan Rencana NATO dan Polandia Ini, Rusia Bukannya Takut Justru Ungkap Akan Nekat Lakukan Tindakan Ini Jika Terjadi Sesuatu yang Mengancamnya

"Itulah mengapa kami ingin semua sekutu kami mendukung kami dengan senjata, tidak harus senjata baru," kata Duda.

"Kami mendukung Ukraina dengan senjata bekas, jadi kami hanya perlu menerima senjata yang setara," katanya.

Pada (13/6), Radoslaw Sikorski, anggota Parlemen Eropa, mantan menteri luar negeri Polandia, juga membuat komentar mengejutkan, mengatakan bahwa Barat harus mendukung Ukraina dengan hulu ledak nuklir.