Find Us On Social Media :

Bisa Bertahan Sejauh Ini Walau Hitung-hitungan Awal Sudah Kalah Telak, Sebenarnya Bagaimana Cara Ukraina Melawan Rusia Sampai Sejauh Ini?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 22 Mei 2022 | 15:18 WIB

(Ilustrasi) Volodymyr Zelensky - Bagaimana Cara Ukraina Bisa Melawan Rusia Sampai Sejauh Ini

Intisari-Online.com - Sebelum Rusia melancarkan serangan ke Ukraina pada 24 Februari, banyak pengamat melihat kekuatan tempur Rusia yang luar biasa dan berpikir bahwa Rusia akan segera menang.

Karena Rusia memiliki anggaran pertahanan sebesar $62 miliar dan memiliki keunggulan numerik dalam sistem senjata seperti tank, artileri, helikopter serang, dan pesawat terbang.

Pertanyaan yang diajukan banyak pengamat bukanlah apakah Rusia akan menang atau tidak, tetapi seberapa cepat Rusia akan menang.

Apa yang gagal diperhitungkan oleh para pengamat adalah bahwa kinerja di masa perang tidak hanya dipengaruhi oleh sistem senjata.

Melansir Business Insider mengutip Liam Collins, direktur pendiri Institute of Modern Warfare di West Point Military Academy (USA) mengatakan bahwa kesuksesan di medan perang juga hasil dari strategi, penyebaran operasi militer, aksi, doktrin, pelatihan, kepemimpinan, budaya militer, dan kemauan untuk berperang.

Rusia sudah berada di atas angin jika bicara perihal jumlah dan sistem senjata, tetapi Ukraina unggul dalam faktor-faktor lain.

Reformasi Pertahanan Negara

Pada tahun 2014, Ukraina melakukan penilaian komprehensif terhadap keamanan dan pertahanan negaranya.

Pada Mei 2016, Presiden Ukraina saat itu Petro Poroshenko mengeluarkan Komunike tentang Pertahanan Strategis Ukraina, yang menuntut reformasi besar-besaran dalam lima kategori: komando dan kontrol, kontrol profesional, perencanaan, operasi, logistik medis, dan pengembangan kekuatan.

Tujuannya adalah pada tahun 2020 Ukraina harus menciptakan kekuatan yang mampu beroperasi sesuai standar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Selama enam tahun berikutnya, Ukraina mereformasi militernya dengan bantuan penasihat, pelatih militer, dan peralatan Barat.

Pengalaman Medan Perang