Find Us On Social Media :

Dikenal Sebagai Ratu Inggris Paling Banyak Menikah, Inilah Catherine Parr, Istri Terakhir Raja Henry VIII yang Terlupakan, Cerdas dan Intelek, Menikah dengan Cinta Sejatinya Setelah Kematian Suaminya

By K. Tatik Wardayati, Senin, 4 April 2022 | 12:30 WIB

Catherine Parr, istri terakhir Raja Henry VIII, seorang yang cerdas dan intelek, akhirnya menikah dengan cinta sejatinya setelah kematian Henry.

Intisari-Online.com – Lahir pada tahun 1512, Catherine Parr paling terkenal sebagai istri keenam dan terakhir Raja Henry VIII, yang hidup lebih lama daripadanya sekitar satu tahun.

Namun, Catherine lebih dari sekadar seorang istri, karena dia adalah seorang akademisi, seorang teolog, dan tertarik pada politik dan pemerintahan kerajaan.

Catherine Parr adalah Ratu pertama yang bergaya sebagai Ratu Inggris dan Irlandia, serta Ratu yang paling banyak menikah, setelah selamat dari dua suami sebelumnya sebelum menikahi Henry, dan menikah lagi setelah kematiannya, dengan cinta sejati dalam hidupnya.

Sebelum Raja Henry VIII melamar, Catherine telah jatuh cinta dengan Thomas Seymour, saudara laki-laki istri ketiga Henry.

Karena dia berpikir tidak seharusnya mengatakan tidak kepada seorang Raja, Catherine pun menerima lamaran Henry meskipun dia mencintai Seymour, namun mengetahui bahwa dia akan menjadi wanita paling penting di Inggris.

Raja Henry VIII rupanya tertarik pada kecerdasan Catherine, terutama setelah pemuda  dan hati Katherine Howard yang berubah-ubah.

Catherine adalah satu-satunya orang yang selamat dari surat perintah penangkapannya, yang meyakinkan Henry, seorang pria yang harus selalu benar dan tidak pernah dipertanyakan, untuk berubah pikiran.

Surat perintah itu berkaitan dengan antusiasme Ratu terhadap teologi.

Baca Juga: Kisah Ratu Inggris Hanya Sembilan Hari, Lady Jane Grey, Cucu Raja Henry VIII, Tak Lama Setelah Penobatan, Dituduh Lakukan Pengkhianatan, Dieksekusi Karena Imannya

 Baca Juga: Sampai Buat Agama Baru Agar Bisa Poligami, Inilah Raja Henry VIII yang Berakhir Mengeksekusi Dua dari Enam Istrinya, Nasib Anaknya Tambah Mengerikan

Pada saat itu, perdebatan agama antara Reformis dan Katolik menjadi hal biasa dan berlimpah.

Karya-karya tertulis Catherine, serta simpati dan persahabatannya dengan Anne Askew, seorang reformis terkenal yang dibakar di tiang pancang, menimbulkan kecurigaan besar padanya.