Find Us On Social Media :

Membayangkan Orang Viking yang Sangar dengan Rambut Gondrong dan Kotor, Seperti Apa Sebenarnya Kebersihan Bagi Mereka? Ini Fakta-fakta Orang Viking tentang Kebersihan dan Sanitasi

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 31 Maret 2022 | 18:00 WIB

Orang Viking dalam sebuah perjamuan makan

Intisari-Online.comBangsa Viking, adalah sekelompok penjelajah dan perompak  pelaut dari Denmark, Swedia, dan Norwegia, yang melintasi dunia dari abad ke-8 hingga ke-11.

Sebagai pejuang, pedagang, dan pemukim, Viking mengganggu kehidupan kelompok-kelompok yang mereka temui sambil secara bersamaan memfasilitasi pertukaran budaya dan membuat kesan yang sering kali kurang positif.

Maka tak salah bila orang-orang sezaman dengan Viking menuliskan kesan tentang cara-cara mereka yang tidak manusiawi, garang, dan kotor.

Sebenarnya, kebersihan Viking mengungkapkan kepedulitan terhadap kebersihan dan perawatan, dengan banyak perhatian diberikan pada penampilan pribadi.

Banyak praktik higienis Viking mencerminkan realitas kehidupan sehari-hari mereka, meskipun beberapa aktivitas penting yang agak mengejutkan, ini dia:

1. Viking rajin membersihkan dan menyisir rambutnya

Orang Skandinavia meperhatikan penampilan mereka, terutama rambut.

Menurut sebuah kronik menuliskan, kebiasaan negara mereka, menyisir rambut setiap hari, mnadi setiap hari Sabtu, sering berganti pakaian, dan menggambar perhatian pada diri mereka sendiri.

Baca Juga: Bangsa Viking Terbukti Bukanlah si Pirang Bermata Biru Seperti Tercatat dalam Sejarah, Lalu Bagaimana Gambaran Bangsa yang Dikenal Sebagai Perompak Brutal Ini?

 Baca Juga: Berusia Hampir 3.000 Tahun, Ditemukan Helm Bertanduk, yang Sebenarnya Salah Bila Dikaitkan dengan Bangsa Perampok Nomaden Ini, Kalau Bukan Milik Bangsa Viking Lalu Siapakah Pemiliknya?

Pria Viking memiliki rambut panjang di depan dengan kuncir pendek atau dicukur ke belakang. Bagian panjangnya mungkin ditarik ke belakang, seperti yang dilakukan wanita dengan rambut panjang mereka.

2. Pria Viking memiliki alur di giginya