Find Us On Social Media :

Berusia Sekitar 3.200 Tahun yang Lalu, Arkeolog Ungkapkan Salah Satu Rumah Panjang Viking Terbesar di Skandinavia, Adakah Hubungannya dengan Kapal Viking yang Ditemukan Sebelumnya?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 Desember 2021 | 07:30 WIB

(ilustrasi) rumah panjang Viking.

Intisari-Online.com – Dengan menggunakan radar penembus tanah, para arkeolog dapat menemukan pemukiman Zaman Besi dan setelah dipelajari lebih lanjut ternyata berasal dari kebudayaan Viking.

Tidak jauh dari tempat ditemukannya kapal Viking di Norwegia tiga tahun lalu, para arkeolog telah menemukan salah satu rumah panjang Viking terbesar yang pernah ditemukan di Skandinavia, melansir Associated Press (AP).

Struktur yang terkubur itu memiliki panjang hampir 60,96 meter dan lebar 15,24 meter.

Menggunakan radar penembus tanah, tim yang dipimpin oleh Lars Gustavsen dari Institut Penelitian Warisan Budaya Norwegia (NIKU) mendeteksi rumah panjang bersama dengan sekelompok orang lain di Gjellestad, sekitar 50 mil tenggara Oslo.

Baca Juga: Apakah Bangsa Viking Berlayar Hingga Capai Meksiko Kuno? Mural yang Ditemukan di Reruntuhan Ini Buktikan Capaian Bangsa Viking

Menurut Gustavsen, mereka telah menemukan beberapa bangunan, semuanya rumah panjang khas Zaman Besi, di sebelah utara kapal Gjellestad.

 “Penemuan paling mencolok adalah rumah panjang sepanjang 60 meter dan lebar 15 meter, ukuran yang menjadikannya salah satu terbesar yang kami tahu di Skandinavia,”menurut Gustavsen.

Rumah panjang, merupakan struktur komunal besar yang biasa ditampilkan di pemukiman Viking, adalah bagian dari komunitas yang diyakini lebih besar yang didirikan pada Zaman Besi, yang berasal dari sekitar tahun 1200 hingga 600 SM.

Para arkeolog menemukan total lima rumah panjang dengan berbagai ukuran saat menggunakan radar penembus tanah untuk memetakan desa kuno.

Baca Juga: Hampir 74.000 Tahun Lalu, Manusia Purba Mungkin Bertahan dari Letusan Gunung Berapi, Mungkinkah Itu Karena Letusan Gunung Toba di Indonesia?