Find Us On Social Media :

Rusia Kerahkan 1.000 Tentara Bayaran 'Super Rahasia' ke Ukraina Timur yang Cara Awal Merekrutnya dengan Diundang 'Piknik Menyantap Lemak Babi'

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 29 Maret 2022 | 15:54 WIB

Grup Wagner Rusia Kerahkan 1.000 Tentara Bayaran ke Ukraina Timur

Intisari-Online.com - Kementerian Pertahanan Inggris pada Senin (28/3/2022) mengatakan, Grup Wagner dari Rusia telah mengerahkan tentara bayarannya ke Ukraina timur. 

Sebelumnya, serdadu sewaan Rusia tersebut mengungkap kepada BBC bahwa banyak veteran organisasi rahasia Wagner dikontak melalui grup percakapan Telegram.

Mereka diundang untuk menghadiri "piknik di Ukraina" dan menyantap "Salo", lemak babi yang merupakan hidangan tradisional Ukraina.

Melansir Kompas.com, undangan itu secara khusus ditujukan pada "mereka yang punya catatan kriminal, utang, dicoret dari kelompok-kelompok tentara bayaran, atau tanpa paspor eksternal".

"Perusahaan Militer Swasta Rusia Grup Wagner telah dikerahkan ke Ukraina timur," twit Kementerian Pertahanan Inggris.

"Mereka diperkirakan akan mengerahkan lebih dari 1.000 tentara bayaran, termasuk para pemimpin senior organisasi itu, untuk melakukan operasi tempur," tambahnya.

Dikutip dari AFP, Grup Wagner terkenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Setidaknya 10.000 personel Wagner diyakini menandatangani paling sedikit satu kontrak dengan Wagner selama tujuh tahun terakhir.

Baca Juga: Membawa Hulu Ledak Nuklir, Rupanya Rusia Sudah Tembakkan Rudal Berbahaya Ini ke Ukraina, Dilapokan 100 Tentara Tewas Seketika Sekali Tembak, Ini Kengerian Senjata Ini

 Baca Juga: Bak Ketakutan Seperti Anak Kecil, Zelensky Ternyata Memang Jadi Target Pembunuhan, Putin Kirimkan Tentara Khususnya yang Sudah Berpengalaman di Suriah, Libya, dan Tempat Ini

Tentara bayaran yang berbincang dengan BBC mengatakan para personel baru dikirim ke unit-unit yang dikomandoi perwira-perwira dari GRU—badan intelijen militer Rusia di bawah Kementerian Pertahanan.

Menurutnya, kebijakan perekrutan telah berubah dan semakin sedikit larangan yang diterapkan.